Tidur dengan TV Menyala Bikin Gemuk? Ini Penjelasannya!

access_time 1 tahun yang lalu

Apakah benar kalau tidur dengan TV menyala bisa bikin lo gemuk?

Pasti banyak dari lo yang baca ini suka tidur dengan TV menyala. Entah karena ketiduran saat nonton atau memang sengaja menyalakan TV saat tidur supaya mengurangi rasa takut.

Tapi tahukah lo kalau ternyata terlalu sering tidur dengan TV menyala itu tidak baik untuk kesehatan.

Diketahui dariĀ National Institute of Health, mereka mengatakan kalau tidur dengan TV menyala akan menimbulkan dampak pada lemak di daerah pinggang. Hasil penelitian ini ternyata sudah diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine.

Tidur dengan TV menyala bikin gemuk?

Ilustrasi kegemukan
via CreativaImages

Mereka pun melakukan penelitian terhadap warga Amerika Serikat usia 35-74 tahun ke atas sebanyak 43.722 wanita.

Sebelumnya, para responden mendaftarkan diri dalam studi tentang resiko kanker payudara dan penyakit lainnya.

via Giphy

Nah, dari hasil analisa yang ditemukan, wanita yang tidur dengan TV tidak menyala cenderung akan lebih bisa mempertahankan berat badan mereka dibanding mereka yang sering tidur dengan TV menyala.

Justru mereka yang dengan sengaja atau tidak sengaja tidur dengan TV menyala, mayoritas mengalami kenaikan berat badan sampai 17 persen lebih banyak dalam lima tahun terakhir.

Ini penjelasannya

via Giphy

Lewat penelitian ini, para ilmuwan berspekulasi bahwa produksi melatonin atau hormon tidur akan berkurang ketika cahaya buatan dari televisi mengganggu ritme sirkadian.

Tidak hanya itu, faktor lain yang mempengaruhinya adalah faktor usia, punya pasangan, anak-anak, aktivitas fisik, sampai kalori yang dikonsumsi.

Amankah Tidur dengan Televisi Masih Menyala? - Tirto.ID
via Tirto.ID

Pada intinya, penelitian ini fokus pada pentingnya tidak tidur dengan lampu buatan yang menurut mereka membuatnya lebih nyaman, apalagi dengan TV.

Mereka pun menyarankan untuk tidur lebih baik tanpa cahaya. Karena dengan begitu, kualitas tidur lo akan lebih meningkat dan saat bangun tidur pun lo tidak akan merasa lelah.

_

Lo tim tidur dengan cahaya atau tanpa cahaya?

close

Tidur dengan TV Menyala Bikin Gemuk? Ini Penjelasannya!

Search
close