Tes GeNose akan Tersedia di Bandara Bandung dan Palembang!

access_time 4 bulan yang lalu

Pada 1 April 2021, PT Angkasa Pura II (Persero) akan menerapkan tes GeNose di dua bandaranya, Bandung dan Palembang.

Sebelumnya, alat pendeteksi Covid-19 berbasis hembusan nafas ini baru tersedia di empat stasiun. Lalu, bagaimana prosedur di bandara?

Tes GeNose Siap Diterapkan di Bandara

Penerapan Tes GeNose di Stasiun Pasar Senen

Berawal dari stasiun dan bioskop, kini alat tes GeNose sudah mulai menjamah bandara. Nantinya tes pendeteksi Covid-19 melalui hembusan nafas ini bisa ditemui di Bandara Husein Sastranegara (Bandung) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (Palembang).

Pada tahap awal, penerapan GeNose C19 pada 1 April 2021 di Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Setelah itu, bertahap diterapkan di bandara-bandara lain yang dikelola perseroan,” kata President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dikutip dari Tempo.co.

Baca juga:

Tes GeNose
Kompas

Berdasarkan jumlah bilik dan kapasitas mesin yang tersedia, Bandara Husein Sastranegara dapat melayani 400 orang/hari. Sedangkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin dapat melayani 700 orang/hari.

Dengan begitu, ketentuan perjalanan dalam negeri menjadi bertambah. Setiap orang harus menunjukkan hasil negatif tes GeNose di bandar udara sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Alur Pelaksanaan Tes GeNose

Tes GeNose
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

PT Angkasa Pura II pun sudah melakukan uji coba penerapan tes GeNose ini pada kedua bandara tersebut. Bandara Husein Sastranegara pada 22-26 Maret 2021 dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II pada 26-28 Maret 2021 lalu.

Setelah melakukan uji coba, adapun alur pelaksanaan yang telah ditetapkan pada masing-masing bandara.

Calon penumpang harus melakukan registrasi dan booking terlebih dahulu melalui aplikasi Farmalab. Kemudian masuk ke area tes dan mengambil nomor antrean.

Setelah itu calon penumpang akan dites dan menunggu hasil. Rangkaian ini cukup efektif, dari awal sampai hasil tes keluar hanya butuh waktu 10 menit saja.

_

Secara garis besar, ada tiga proses pelaksanaan tes GeNose ini. Pre-process (unduh aplikasi sampai booking tes), On-Process (ambil sampel napas), dan Post Process (hasil tes keluar).

close

Tes GeNose akan Tersedia di Bandara Bandung dan Palembang!

Search
close