Terima Paket dari Belanja Online, Ikut Tips Ini Biar Aman!

Terima Paket dari Belanja Online, Ikut Tips Ini Biar Aman!
access_time 1 tahun yang lalu

Pandemi Covid-19 mengubah perilaku berbelanja masyarakat,

Tidak bisa dipungkiri bahwa sejak aturan PSBB atau physical/social distancing, sebagian besar setiap aktifitas berbelanja dilakuan secara online.

Mulai dai kebutuhan sehari-hari, makanan sampai dengan hal sekunder lain dilakukan lewat ‘online’. Namun mucul pertanyaan, apakah paket yang sampai kepada pengguna pasti aman dan terbebas dari virus corona?

‘Waspada terhadap paket yang diterima’

Memang tidak ada standar untuk memastikan apakah paket yang diterima sepenuhnya aman, oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menerima paket/pesanan belanjaan online. Tim USS Feeds, akan memberikan beberapa tips untuk bisa mengurangi resiko penyebaran virus COVID-19 sebagai berikut ;

1. Perhatikan ‘kondisi fisik’ si kurir, jaga jarak dan kenakan masker

Sebelum berfokus pada paket itu sendiri, ada baiknya saat sebelum menerima paket dipastikan bahwa kurir tersebut mengenakan masker dan sedang tidak dalam keadaan sakit, khususnya demam.

via Giphy

Di beberapa kompleks perumahan, biasanya kurir tersebut sudah di cek suhunya di pos keamanan sebelum bisa masuk ke dalam area perumahan. Jika menemukan kurir yang tidak menggunakan masker, sebaiknya penerima menggunakan masker saat hendak mengambil paket dari kurir.

2. Bersihkan segera paket yang diterima, jemur di terik matahari

Sesaat setelah menerima paket, jangan langsung membawanya ke dalam rumah. Meskipun WHO pernah mengungkapkan bahwa ada kemungkinan kecil kalau pake bisa terkontaminasi, ada baiknya untuk tetap waspada dan meningkatkan protokol keamanan.

2. Bersihkan segera paket yang diterima, jemur di terik matahari
via Indonesiabaik.id

Segera bersihkan paket dengan menggunakan cairan antiseptik atau disinfektan, seperti dilansir dari TheAsianParentIndonesia ada sebagian dari mereka yang memilih untuk menjemur paket sesudah dibersihkan.

3. Memastikan kebersihan barang pesanan

Setelah kardus atau apapun bentuk paket dibersihkan, segera periksa barang pesanan. Disarankan untuk segera mencuci barang pesanan yang baru saja diterima.

Jika memesan sayur atau buah, segeralah cuci dengan sabun dan air mengalir sebelum di masukan ke dalam kulkas. Sama halnya dengan item lain seperti pakaian atau bahkan masker kain.

‘Saking mau bersih, kadang botol kecap atau saus yang gua pesan online akan gua cuci dulu atau at least di lap dengan cairan antiseptik.’ begitu menurut salah satu teman gua.

4. Jaga kebersihan diri, segera cuci tangan!

Setelah beres mengikuti semua langkah dan prosedur di atas, hal penting lain yang tidak boleh dilupakan adalah memastikan kebersihan diri si penerima paket.

via Giphy

Biasakan untuk tidak lupa mencuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik, terutama setelah bersentuhan dengan permukaan yang tidak diketahui pasti keberihannya.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan saat menerima paket belanja online, jika memang ingin mengurangi kontak langsung dengan sesama mungkin lo bisa menyiapkan box kecil di depan pagar rumah sehingga memudahkan pengantar untuk meletakan barang kiriman pada box tersebut.

Remember to always stay home and be clean 🙂 

 

 

 

close

Terima Paket dari Belanja Online, Ikut Tips Ini Biar Aman!

Search
close