Temperatur Air Sungai Ini Ekstrem Karena Iklim, Rebus Jutaan Ikan Salmon

Temperatur Air Sungai Ini Ekstrem Karena Iklim, Rebus Jutaan Ikan Salmon
access_time 2 bulan yang lalu

Kelompok konservasi Columbia Riverkeeper merekam video di Sungai setelah heatwave, saat air menjadi panas dan ikan-ikan terlihat seperti ‘direbus hidup-hidup’.

Hal tersebut terjadi karena cuaca panas ekstrem yang tengah melanda Amerika Serikat, sehingga membahayakan habitat perairan. Salmon di Sungai Columbia itu terkena suhu air yang tak layak huni, bahkan muncul lesi merah dan jamur putih di tubuh mereka.

Pemandangan miris makhluk perairan ini terabadikan dalam sebuah video dokumentasi oleh Columbia Riverkeeper.

‘melarikan diri dari gedung yang terbakar’

Temperatur Air Sungai Ini Ekstrem Karena Iklim, Rebus Jutaan Ikan Salmon
via Gifer

Dalam video oleh organisasi non-profit yang muncul Selasa lalu, sekelompok salmon sockeye berenang di anak sungai terlihat penuh dengan luka. Menurut kelompok itu, luka-luka tersebut adalah akibat stres dan suhu yang panas, melansir laporan The Guardian.

Salmon-salmon ini telah berenang dari laut untuk kembali ke daerah bertelur mereka. Namun, mereka berubah arah dan berenang di air Sungai Columbia. Itulah yang direktur eksekutif Columbia Riverkeeper Brett VandenHeuvel katakan.

Ia menjelaskan para salmon sockeye ini seperti kabur ‘melarikan diri dari gedung yang terbakar’ ke Little White Salmon River, anak sungai tempat video itu mereka ambil.

Air sungai bersuhu ekstrem, ikan-ikan salmon terluka

Pihak konservasi itu merekam video setelah heatwave saat temperatur air sungai itu mencapai 21 derajat celcius.

Walaupun terdengar tidak begitu panas, suhu tersebut bisa jadi mematikan bagi ikan-ikan jenis ini kalau terpapar dalam waktu lama. The Clean Water Act pun menuliskan batas maksimal suhu air Sungai Columbia untuk tidak lebih dari 20 derajat celcius.

VandenHeuvel pun membandingkan situasi itu seperti orang yang mencoba lari mrathon dalam suhu di atas 38 derajat celcius.

Bedanya, ini bukan rekreasi bagi ikan salmon. Mereka tidak punya pilihan. Harus berhasil, atau mereka bakal mati.” katanya.

Menurutnya, ini adalah visi yang menyedihkan bagi masa depan kita. Namun ia juga melihat ini sekaligus ajakan bertindak untuk membuat perubahan yang lebih baik.

Baca juga:

close

Temperatur Air Sungai Ini Ekstrem Karena Iklim, Rebus Jutaan Ikan Salmon

Search
close