Tarikan Gravitasi Terkuat di Dunia Ternyata di Indonesia

Gravitasi Terkuat di Dunia Ternyata di Indonesia
access_time 23 jam yang lalu

Gravitasi terkuat di Dunia disebutkan NASA berada di Indonesia. Lewat sebuah animasi 3D, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat menunjukan perbedaan tingkat gravitasi di seluruh planet Bumi.

Uniknya dari hasi itu, Indonesia ternyata menjadi salah satu yang gravitasnya paling kuat.

Tarikan Gravitasi di setiap belahan dunia berbeda

Sebagaimana diketahui, gravitas Bumi membantu kita dan benda-benda dapat ‘menempel di tanah’. Menariknya secara sains, terbukti bahwa tarikan gravitasi di setiap belahan dunia berbeda-beda.

Dilansir dari situs NASA, gravitasi ditentukan oleh masa dan karena massa Bumi tidak terdistribusi secara merata di seluruh planet.

via Tenor

Selain itu gravitasi juga cenderung berubah seiring waktu. Dalam proses melihat tarikan gravitasi di seluruh planet, NASA dibantu oleh Gravity Recovery dan Climate Experiment (GRACE).

Indonesia termasuk salah satu bagian dengan tarikan terkuat

Beberapa tahun lalu, NASA membagikan visualisasi 3D model gravitasi, pada peta geoid Bumi, sebuah peta yang menunjukan bentuk asli Bumi.

Adapun peta itu berdasar pada data yang dikumpulkan dengan bantuan GRACE. Faktanya, apa yang nampak menunjukan variasi mengejutkan dalam medang gravitasi Bumi.

Warna tersebut menyoroti anomali gravitasi yang diukur dengan GRACE. Seperti terlihat pada gambar animasi, area warna merah menyoroti gravitasi yang lebih kuat dari nilai ideal dan halus. Sementara biru menyoroti area dengan gravitasi lebih lemah.

Untuk diketahui gravitasi didefinisikan oleh nilai gravitasi untuk Bumi “ideal” yang mulus sempurna, sedangkan anomali gravitasi adalah pengukuran untuk penyimpangan gravitasi dari standar.

Gravitasi Terkuat di Dunia Ternyata di Indonesia

Faktanya Globe 3D yang bergerak menujukan daerah tinggi di barat laut Amerika Selatan memiliki tarikan gravitasi lebih tinggi dibanding wilayah selatan seperti India.

Sejumlah negara yang ditandai merah antara lain adalah Chile, Tukri, Selandia Baru dan Indonesia.

Apa ini alasannya kita kuat baget kalo lagi rebahan, alias males bangun?

close

Tarikan Gravitasi Terkuat di Dunia Ternyata di Indonesia

Search
close