Susu Bear Brand Diborong Karena Bisa Tangkal Covid-19? Cek Faktanya!

access_time 4 minggu yang lalu

Banyak yang percaya susu Bear Brand bisa tangkal Covid-19, IDI: kandungan susu beruang gak bisa membunuh virus

Banyak mitos beredar soal susu Bear Brand yang masyarakat percaya bisa membunuh virus Covid-19. Bahkan beredar video orang-orang yang rebutan selusin susu beruang ini.

Gak cuma itu, produk susu yang tersaji dalam kemasan kaleng ini masyarakat percaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Beberapa orang percaya dengan mengonsumsi susu Bear Brand mampu menyembuhkan flu, demam, sakit kepala, hingga covid-19.

Lantas apa kata ahli gizi dan IDI merespon fenomena tersebut?

Susu Bear Brand kandungan gizinya sama dengan susu yang lain

Ahli Gizi Masyarakat, Dokter Tan Shot Yen mengatakan susu beruang ini gak bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kayak yang masyarakat percaya. Asumsi tersebut cuma mitos yang menyelimuti susu beruang ini.

Apalagi literasi gizi publik yang minim semakin menimbulkan kepercayaan-kepercayaan yang kemudian terbentuk sebagai opini publik.

“Selama ini overclaim produk enggak pernah dibenahi, publik salah asumsi. Literasi gizi publik minim, akhirnya ada kepercayaan-kepercayaan yang dibentuk sebagai opini publik,” tutur Tan Shot Yen kepada CNN.

“Apa yang mestinya mitos jadi kebenaran. Sebaliknya, fakta ilmiah sama sekali tidak digubris,” lanjutnya.

Selain itu, Tan Shot Yen juga menjelaskan kalau kandungan gizi yang ada dalam produk susu beruang sama seperti susu yang lain. Kandungan gizi yang dimaksud seperti protein, karbohidrat, kalium, sampai garam.

Jadi gak ada susu yang lebih baik dari susu lainnya. Minum susu juga gak lantas meningkatkan imunitas seseorang. Butuh makanan bergizi lainnya untuk menjaga kesehatan.

Gak bisa membunuh virus Covid-19

Melansir dari CNN, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia, Zubairi Djoerban mengatakan kalau susu beruang gak bisa mengobati Covid-19. Hal ini ia sampaikan merespon peristiwa panic buying susu Bear Brand pada masyarakat.

Zubariri menjelaskan kalau kandungan susu beruang gak bisa membunuh virus SARS-CoV-1 yang jadi penyebab Covid-19. Artinya mengonsumsi susu beruang gak lantas membuat pasien Covid-19 langsung sembuh.

Selain itu, ia juga menegaskan untuk menjaga daya tahan tubuh gak cuma dengan minum susu. Tapi perlu makanan sehat bergizi lainnya yang terdiri dari sayur, buah, karbohidrat, vitamin dan mineral.

“Sama saja sebenarnya mau minum susu beruang atau susu bubuk lainnya itu silakan saja. Tapi, nutrisi yang baik itu harus juga mengandung sayur, buah, karbohidrat, vitamin, mineral,” tuturnya.

close

Susu Bear Brand Diborong Karena Bisa Tangkal Covid-19? Cek Faktanya!

Search
close