Supersaurus Jadi Dinosaurus Terpanjang di Dunia!

Supersaurus Jadi Dinosaurus Terpanjang di Dunia!
access_time 2 minggu yang lalu

Supersaurus jadi dinosaurus terpanjang di dunia. Melansir beberapa laporan, sesuai dengan tubuh supernya, dinousaurus ini menjadi yang paling ‘panjang’ dari semua spesies yang pernah ditemukan di dunia saat ini.

Diketahui, dinosaurus ini dulunya tinggal di wilayah Amerika Serikat sekitar ratusan juta tahun yang lalu.

Supersaurus jadi dinosaurus terpanjang, setara dengan boeing 737

Melansir USA Today, Supersaurus berdasarkan penelitian terkini yang dipresentasikan dalam ajang sains tahunan Society of Vertebrate Paleontology panjangnya diperkirakan antara 39 sampai 42 meter.

Dengan demikian, spesies ini amat super. Pasalnya panjang hewan ini kira-kira setara dengan pesawat Boeing 737. Jika dibayangkan secara dinosaurus ini sebesar bangunan berlantai 13 yang diletakan secara horisontal.

Supersaurus Jadi Dinosaurus Terpanjang di Dunia!
via Imgur

Kendati besar dan panjang, supersaurus bukanlah jenis predator sehingga dinosaurus lain tidak perlu was-was dengan keberadaannya.

Ilmuwan menyimpulkan bahwa mereka adalah spesies herbivora alias pemakan tanaman.

Hidup di zaman Cretaceous

Lebih lanjutnya, para ilmuwan juga menyebut bahwa mereka hidup di zama Cratecous awal sampai 142 juta tahun lalu. Jika dibandingkan dengan para dinousarus di zaman itu, Supersaurus merupakan salah satu yang mungkin terlihat sangat besar dengan ukuran tersebut.

Walau saat ini menjadi penemuan dinosaurus ‘terpanjang’, bukan tidak mungkin ke depannya akan ada spesies yang lebih besar dari Supersaurus.

Dinosaurs of cretaceous period | Study of dinosaurs, Dinosaur projects,  Dinosaur era

Pasalnya fosil tulang biasa ditemukan dalam bentuk fragmen, sehingga tidak semua tulang secara utuh terdeksi. Selain itu ada kemungkinan masih ditemukan fosil lain.

Untuk diketahui, fosil supersaurus sendiri sebenarnya sudah ditemukan pada 1973 di Colorado. Mengingat karena ditemukan bertumpukan, awalnya ilmuwan mengira itu tulang dari 3 dinosaurus terpisah.

close

Supersaurus Jadi Dinosaurus Terpanjang di Dunia!

Search
close