“Sumur Neraka” di Yaman, Diyakini Sebagai Tempat Buang Setan dan Dihuni Jin

"Sumur Neraka" di Yaman, Diyakini Sebagai Tempat Buang Setan dan Dihuni Jin
access_time 1 bulan yang lalu

Berbau busuk hingga dituding sebagai dihuni jin

Disebut sebagai penjara setan hingga tempat tinggal jin; itulah beberapa rumor yang disematkan pada lubang Barhout yang berlokasi di salah satu gurun di timur Yaman.

Lubang tersebut pun dikenal dengan sebutan Sumur Neraka.

Baca juga: Kastil Misterius Ini Dibangun di Tembok Tebing, Jadi Misteri Arkelogi

Sulit diteliti, berbau aneh

Lubang Barhout punya lebar 30 meter dan kedalaman antara 100 hingga 250 meter. Lubang tersebut pun terbilang masih terselubung misteri.

Tak diketahui kenapa lubang tersebut terbentuk, atau apa yang ada di dasar lubang tersebut. Yang pasti, lubang tersebut sudah berumur jutaan tahun.

Otoritas setempat pun kesulitan untuk meneliti lubang misterius tersebut karena minimnya oksigen dan tidak adanya ventilasi.

“Kami telah mengunjungi daerah itu dan memasuki sumur, mencapai lebih dari 50-60 meter ke dalamnya. Kami melihat hal-hal aneh di dalamnya. Kami juga mencium sesuatu yang aneh… Ini situasi yang misterius,” ujar Salah Babhair, direktur jenderal survei geologi dan otoritas sumber daya mineral Mahra.

Baca juga: Lukisan Tertua Dunia di Sulawesi Terancam Rusak

Dihuni jin?

Berbagai teori pun bersirkulasi di lingkungan warga setempat.

Selama berabad-abad, cerita yang beredar menyebut lubang tersebut adalah penjara bagi para setan lantaran bau busuk yang keluar dari lubang tersebut.

Mereka juga meyakini bahwa lubang itu dihuni tokoh gaib dari bangsa jin.

Bukan cuma itu, warga setempat juga percaya bahwa benda-benda di dekat lubang tersebut bisa tersedot ke arahnya. Bahkan membicarakan lubang tersebut diyakini bisa membawa nasib buruk.

Spooky GIFs - Get the best GIF on GIPHY

close

“Sumur Neraka” di Yaman, Diyakini Sebagai Tempat Buang Setan dan Dihuni Jin

Search
close