Sukabumi dan Padang Lawas Diguncang Gempa Bersamaan

access_time 2 tahun yang lalu

Gempa baru saja terasa di wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis, 30 April 2020. Gempa berkekuatan 5,0 magnitudo ini berasal dari arah selatan pulau Jawa dan terasa hingga kawasan Sukabumi, Cianjur, hingga Bogor.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa ini terletak di 48 km arah tenggara Sukabumi yang terjadi pukul 15.22 WIB.

Kedalaman gempa sekitar 24 km sehingga guncangannya bisa terasa sampai wilayah Bogor yang jaraknya kurang lebih 80 km dari kota Sukabumi.

Warga Sentul, Bogor sangat merasakan dampak gempa yang berlangsung dalam durasi sekitar tiga detik saja. Menyebabkan benda yang bergantungan sempat bergoyang, namun tidak menyebabkan kerusakan parah.

Wilayah Cianjur, Jawa Barat juga merasakan hal serupa. Benda di langit-langit rumah sempat bergoyang namun tidak sekencang yang dirasakan warga Bogor.

Di wilayah lain, dua menit sebelumnya, gempa juga dirasakan wilayah barat laut Padang Lawas, Sumatera Utara berkekuatan 5,6 magnitudo.

Hal ini dinyatakan resmi oleh Kepala Humas BMKG, Akhmad Taufan Maulana terkait gempa yang dirasakan wilayah Sumatera Utara.

Kedalaman gempa di Padang Lawas terletak pada jarak 1o km, namun dampak gempa belum ada konfirmasi terguncang sampai daerah mana.

Untungnya, kedua gempa ini tidak berpotensi tsunami untuk kedua wilayah. Namun warga sekitar daerah Sukabumi dan Padang Lawas diharapkan berjaga-jaga dan tetap waspada supaya tidak menimbulkan kepanikan antar warga.

Source: Giphy

Kedua informasi gempa ini dikeluarkan langsung dari akun Twitter resmi BMKG. Gempa yang baru saja terjadi juga tidak berpotensi akan datangnya gempa susulan.

Semoga, gempa yang mengguncang Sukabumi dan Padang Lawas tidak menghambat aktivitas lo saat menjalankan karantina di rumah saja. Jangan bergerombol saat keluar rumah dan tetap patuhi aturanĀ physical distancing.

Tetap pantau kondisi terkini di akun Twitter @infoBMKG.

close

Sukabumi dan Padang Lawas Diguncang Gempa Bersamaan

Search
close