Studi: Kucing Mungkin Perlu Social Distancing Juga

Studi: Kucing Mungkin Perlu Social Distancing Juga
access_time 1 tahun yang lalu

COVID-19 bisa menyebar di antara hewan, tanpa menunjukkan gejala apapun

Jokowi meminta kita untuk berdamai dengan pandemi Corona. Kini, social distancing pun jadi gaya hidup sehari-hariĀ for the foreseeable future.

Namun kini, kayaknya kini gaya hidup tersebut bukan hanya berlaku pada manusia, namun juga pada kucing.

Mad The Internet GIF by MOODMAN - Find & Share on GIPHY

Source: Giphy

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Wisconsin School of Veterinary Medicine, yang dipimpin oleh Yoshihiro Kawaoka, COVID-19 ternyata bisa menyebar di antara kucing.

Kawaoka dan timnya menyimulasikan peyebaran virus corona dari manusia pada tiga kucing. Masing-masing kucing tersebut kemudian ditempatkan bersama kucing lain yang tidak terinfeksi.

Setelah lima hari, tim Kawaoka mendapati bahwa semua kucing terinfeksi virus corona, meski tak menunjukkan gejala apapun.

Cute Cat GIFs - Get the best GIF on GIPHY

Source: Giphy

Penemuan tersebut pun dipertegas oleh Peter Halfmann, seorang pakar virus dari University of Wisconsin.

Tak ada bersin, tak ada batuk, dan suhu tubuhnya pun tidak berubah. Jika majikanya melihat mereka… para majikan tersebut tak akan menyadari perubahan apapun,” jelas Halfmann.

Ini jadi hal yang penting untuk kita waspadai. Jika anda mengkarantina diri di rumah untuk menghindari penyebaran COVID-19 pada orang-orang tersayang anda, maka anda juga harus memberlakukan hal yang sama binatang peliharaan anda.”

Cute Puppy GIFs - Get the best GIF on GIPHY

Source: Giphy

Apakah binatang peliharaan bisa menularkan COVID-19 pada manusia?

Belum ada penelitian yang membuktikan penularan virus corona dari hewan peliharaan ke manusia.

Namun pada bulan Maret lalu, pemerintah Hong Kong menemukan bukti bahwa bintang peliharaan dari salah satu pengidap virus tersebut positif COVID-19.

Meski begitu, Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat sempat mengatakan bahwa kemungkinan penyebaran virus tersebut dari hewan peliharaan ke majikannya tergolong rendah.

Meski begitu, penyebaran COVID-19 antara hewan masih sangat memungkinkan terjadi. Dengan demikian, menjaga kebersihan dan memberlakukan social distancing untuk hewan peliharaan bisa jadi jalan yang baik untuk menjaga kesehatan hewan.

Puppy Dog GIF - Find & Share on GIPHY

Source: Giphy

Jika ingin memastikan kondisi hewan peliharaan ke dokter, pastikan untuk memberi tahu klinik terkait terkait pemeriksaan yang ingin dilakukan. Dengan demikian, klinik pun dapat mempersiapkan fasilitasnya dengan baik, dan mencegah penularan ke hewan lain.

close

Studi: Kucing Mungkin Perlu Social Distancing Juga

Search
close