SoundCloud Akan Bayar Para Artis, Bagaimana Kebijakannya?

access_time 7 bulan yang lalu

Layanan streaming, SoundCloud baru saja mengumumkan kebijakan terbarunya. Melalui kebijakan ini menjadi wujud nyata dukungan mereka terhadap musisi-musisi yang menggunakan platform-nya.

Kabarnya dalam kebijakan terbaru ini, para artis akan menerima bayaran dari hasil streaming-nya. Seperti apa kebijakan terbarunya tersebut?

SoundCloud ‘Gaji’ Artis dari Hasil Streaming

SoundCloud
RouteNote

SoundCloud saat ini menjadi layanan streaming pertama yang menerapkan kebijakan ini pada platform-nya. Mereka juga mendapat dukungan dari para musisi yang mengkritik ekonomi streaming.

Berbeda dengan platform lain seperti Spotify atau Apple Music, mereka melakukan pembayaran royalti sesuai artis yang paling sering diputar. Alhasil hal ini menimbulkan kontra dari musisi-musisi yang masih baru atau minim pendengar.

Baca juga:

Kebijakan baru SoundCloud akan dimulai pada 1 April 2021 mendatang.

“Banyak orang di industri menginginkan ini selama bertahun-tahun. Kami sangat senang menjadi orang yang membawa ini ke pasar untuk mendukung artis independen dengan lebih baik,” kata Kepala Eksekutif SoundCloud, Michael Weissman dikutip dari NME.

Mendukung Musisi Independen

SoundCloud
Wikipedia

Artis sekarang lebih siap untuk mengembangkan karir mereka dengan menjalin hubungan yang lebih dalam dengan penggemar mereka yang paling berdedikasi. Penggemar secara langsung dapat mempengaruhi penghasilan artis favorit mereka,” lanjut Weissman.

Secara langsung, sistem ini menjadi sindiran keras bagi platform lain yang belum begitu memperhatikan artis di dalam platform-nya. Begitu juga dengan musisi independen yang akan diterima dengan baik di industri musik.

_

Gimana pendapat Lo tentang kebijakan ini? Apakah ini jadi kebijakan yang solutif?

close

SoundCloud Akan Bayar Para Artis, Bagaimana Kebijakannya?

Search
close