“Sintas”, Cerita Tashoora Tentang Penyintas Konflik

access_time 1 tahun yang lalu

Unit musik asal Yogyakarta, Tashoora kembali merilis karya terbarunya berjudul “Sintas“. Seperti pada lagu-lagu sebelumnya yang berisi tentang keresahan dan isu sosial, kali ini Tashoora ingin bercerita tentang para penyintas.

“Lawan pandang-pandang yang merendahkan

Bisikan suara yang menjatuhkan

Kita harus saling menguatkan

Sudahi sepi dalam perjalanan

Buka satu dua lagi lembaran

Kita harus saling menguat…”

Begitulah lirik dari “Sintas” yang menandakan bahwa peristiwa atau konflik apapun bentuknya pasti akan meninggalkan luka, namun tidak tahu ada yang selamat atau ada yang terjebak. Lewat lagu ini, Tashoora juga ingin menangkap kisah bangkitnya para penyintas konfliks yang berkontribusi langsung untuk kemanusiaan di sekitarnya.

Image result for tashoora sintas
Source: Genius

Nyatanya, lagu ini adalah sebuah proyek kerjasama Tashoora dengan Narasi yang diciptakan sebagai soundtrack dari serial dokumenter karya Narasi, “The Invisible Heroes“. Dokumenter ini juga sudah dapat disaksikan sejak 11 Maret 2020 silam.

The Invisible Heroes” sendiri merupakan sebuah rekam jejak perjuangan para penyintas konflik dalam menjalani hidup sehari-hari, sambil berusaha melupakan ingatan pahit masa lalu. Tidak hanya diangkat dalam sisi konflik, tapi juga mencoba menunjukan diskriminasi rasial, konflik berbasis gender dan kelas, bencana alam, body shaming, sampai perundungan.

Dalam unggahan akun Instagram @tashoora, Najwa Shihab selaku founder dari Narasi juga memberikan reaksi dan komentarnya terhadap lagu ini.

This is the perfect song for the movie. Mudah-mudahan bisa membantu kita, siapapun yang punya luka, mendengarkan lagu ini bisa jadi mantra kita saling menguatkan,” kata Najwa.

Waktu pertama kali mendengar lagu ini, langsung terlintas di kepala bahwa lagu ini adalah ciri khas Tashoora. Gaya bermusik yang ditampilkan senada dengan apa yang telah dirilis mereka sebelumnya. Terlebih permainan gitar dari Danang yang sangat vokal membentuk identitas diri Tashoora semakin kuat dalam lagu “Sintas”.

Rilisnya lagu “Sintas” menjadi karya pertama Tashoora di tahun 2020. Karya ini juga menjadi penanda telah bergabungnya Ikhwan Hastanto bersama Tashoora yang sudah berganti formasi sebanyak tujuh kali. Tonton video musik “Sintas” dari Tashoora di atas.

close

“Sintas”, Cerita Tashoora Tentang Penyintas Konflik

Search
close