close

Sineas Indonesia Masuk Anggota ‘The Academy’! Siapa Dia?

Sienas Indonesia Masuk Anggota 'The Academy'! Siapa Dia?
By Stanley Joewono
access_time 1 minggu yang lalu Comments

Sutradara film dokumenter Fight Like Ahok

Dialah Amelia Hapsari, satu-satunya orang Indonesia yang mendapatkan undangan untuk menjadi salah satu anggota organisasi penyelenggara Oscar yang dikenal dengan sebutan ‘The Academy of Motion Picture Arts and Sciences’ (AMPAS).

Sudtradara film dokumenter Fight Like Ahok, Amelia Hapsari masuk sebagai anggota The Academy
via The Big Idea

Kabar tersebut mencuat setelah AMPAS merilis 819 nama sineas yang diundang bergabung ke ‘The Academy‘ lewat halaman resmi situs mereka. Dari seluruh nama yang ada, terlihat nama Amelia Hapsari yang merupakan seorang sutradara film dokumenter asal Semarang yang dikenal lewat karyanya seperti film dokumenter Fight Like Ahok dan Rising in Silence

Amelia Hapsari, bergabung bersama beberapa crew dari film Parasite

Selain Amelia Hapsari, ada depalan ratus orang lainnya yang terpilih karena kontribusi mereka dalam industri perfilman. Nantinya baik Amelia dan anggota ‘The Academy‘ lainnya akan berhak memberikan suara dalam menentukan nominasi ataupun pemenang Oscar di masa mendatang.

Menariknya sutradara asal Semarang ini bergabung dengan banyak nama besar lain di dunia perfilman, sebut saja para crew film Parasite yang berhasil merajai Oscar 2020, seperti Choi Woo-shik, Jang Hye-jin, Cho Yeo-jeong, Lee Jung-eun, serta Park So-dam.

Amelia Hapsari, bergabung bersama beberapa crew dari film Parasite
via Giphy

Selain nama diatas, The Academy juga mengundang Awkwafina (Crazy Rich Asians), Zendaya Coleman (Spider-Man: Far From Home), Ana de Armas (Knives Out), Eva Longoria (Overboard), Tzi Ma (The Farewell), George MacKay (1917), Florence Pugh (Little Women), Hritik Rosan (Super 30), dan Constance Wu (Crazy Rich Asians).

Baca di sini : Parasite ‘Rajai’ Oscar 2020

Oscar 201 diundur

Rencananya apresiasi tahunan untuk para seniman di Ocsar 2021 akan diundur ke 25 April 2021 dan pembacaan nominasi akan mulai diumumkan pada 15 Maret 2021.

Sebagai imbas dari mundurnya acara tersebut, film panjang panjang yang boleh ikut serta dalam Oscar 2021 juga mengalami perubahan, yaitu film yang rilis dari 1 Januari 2020 sampai Febuari 2021 akan bisa ikut serta.

Sementara untuk kategori lain akan ditutup tanggal 15 Januari.

Baca di sini : Oscar 2021 Resmi Diundur, Submisi Film Diperpanjang

Source : CNNIndonesia

Keren banget nih kak Amelia Hapsari, sukses terus dan semoga namanya semakin bersinar di kancah internasional. Ditunggu banget karya-karya berikutnya 🙂

close

Sineas Indonesia Masuk Anggota ‘The Academy’! Siapa Dia?