🍛 4 Kreasi Shirataki Rice yang Enak tapi Rendah Kalori

shirataki rice
By
access_time 4 bulan yang lalu

Memasuki tahun 2020 lalu, shirataki rice dan noodles menjadi salah satu bahan pangan sehat yang banyak dilirik untuk diet.

Buat kalian yang baru pertama kali mencoba bahan makanan dari shirataki, perlu diketahui bahwa karakteristik rasanya tawar. Beda dengan nasi putih atau mie yang masih terasa pulen atau gurih, beras dan mie shirataki perlu sedikit seasoning untuk bisa menikmatinya.

Nah, kali ini kita akan mencoba berbagi variasi shirataki rice untuk kalian coba sendiri di rumah

Base nasi shirataki

Pertama, seperti kreasi beras pada umumnya, kita perlu menyiapkan base nasinya. Membuat shirataki rice tidak jauh berbeda dengan cara menggunakan rice cooker maupun dengan panci biasa. Masak beras shirataki dengan metode air satu ruas ujung jari. Bisa juga dengan melunakkan nasi dengan merebusnya hingga matang dan saring, atau rebus sampai airnya meresap. Kemudian sisihkan.

Nasi Shirataki Daun Jeruk

Shirataki rice
Sumber Cookpad

Konsep memasak nasi shirataki daun jeruk ini hampir mirip dengan nasi goreng. Bedanya, kita tidak menggunakan bumbu giling. Siapkan nasi sebanyak yang kita inginkan.

Di tempat yang lain, cuci bersih 2 helai daun jeruk (atau sesuai selera), hilangkan tulang daunnya kemudian cacah halus. Lelehkan margarin dalam wajan, bersama sedikit kaldu bubuk dan garam. Tumis daun jeruk di dalamnya. Setelah harum, tambahkan nasi dan tumis hingga matang. Koreksi rasa.

Sajikan nasi dengan protein kesukaan kita. Misalnya fillet ayam goreng atau ikan. Kemudian tambahkan sambal. Lidah Asia bakal jatuh cinta dengan sensasi rasanya.

Mentai Shirataki Rice

shirataki rice
Sumber Beautynesia

Pilih protein yang kita inginkan untuk menu mentai. Bisa menggunakan grilled chiken, salmon, atau bahkan hanya scrambled egg. Ambil nasi shirataki secukupnya, tambahkan perasa bubuk cabe atau sedikit saja margarin bila suka.

Pada cup alumunium foil, masukkan nasi shirataki tadi. Kemudian tata dengan lauk pauk dan saus mentai kesukaan kita. Boleh juga tambahkan keju slice dan herbs. Kemudian panggang sebentar dan torch bila ingin aksen burnt di atasnya. Semakin nikmat kok.

Nasi Bakar Shirataki

shirataki rice
Sumber: Shopee

Buat yang suka dengan selera lokal, shirataki rice bakar bisa jadi jawabannya. Pilih protein yang kita ingin pakai. Bisa ikan tuna, telur asin, ayam suwir, jamur dan banyak lagi. Sebagai contoh, ikan tuna kalengan atau masih segar dan half cooked, cacah suwir.

Tumis bawang putih, bawang merah dan cabai giling (cabai boleh sesuai selera, bila ingin sangat pedas bisa tambahkan rawit). Setelah harum, masukkan ikan tuna suwir dan masak hingga matang. Bisa tambahkan udang rebon atau ikan teri bila suka.

Siapkan daun pisang yang sudah dikukus sebelumnya. Tata nasi shirataki di atasnya. Bisa tambahkan sedikit margarin agar lebih gurih, atau skip. Letakkan tuna suwir di atasnya. Tips tambahan, bisa menyisipkan daun kemangi untuk hasl akhir yang harum, kemudian tutup dan gulung. Tusuk bagian ujungnya agar rapat seperti membuat lontong.

Grill di atas pan hingga daun berubah warna. Setelah matang, sajikan. Sensasi rasanya bakal memanjakan kamu yang suka makanan Indonesia.

Fried Shirataki Rice

shirataki rice
Sumber: Miracle Noodle

Kalau yang ini sih, kita bisa berkreasi sesuka hati. Mengingat nasi goreng adalah salah satu makanan khas Indonesia, sudah pasti bisa bikin aneka varian nasi goreng kan. Tinggal pilih mau pakai bumbu merah, bumbu putih, menggunakan minyak samin dan sebagainya.

Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan irisan bakso, sosis atau protein lainnya Bisa juga menambahkan sayur seperti jagung pipil, buncis yang dipotong kecil-kecil hingga brokoli yang digiling kasar dalam food processor. Kemudian masak bersama nasi.

Tambahkan telur mata sapi dan garnish bila suka. Mudah kan?

Itulah beberapa kreasi shirataki rice yang bisa dicoba sendiri di rumah. Kalau kamu mau, bisa juga lho menjadi bisnis makanan sehat. Skuy cobain, gengs!

close

🍛 4 Kreasi Shirataki Rice yang Enak tapi Rendah Kalori

Search
close