Sepatu New Balance Ini Rilis 5 Tahun Sekali!Mirip Pemilu Yah?!

access_time 1 tahun yang lalu

Pertama kali dirilis tahun sekitar tahun 1980an, Sepatu New Balance 1300JP kembali dengan shape ‘OG’nya. Menariknya sepatu ini waktu rilisnya menyerupai pemilu alias pemilihan umum di Indonesia, yaitu lima tahun sekali. Kenapa begitu yah?

Yuk di baca yuk

Di tahun 1985, NewBalance memperkenalkan sepatu yang di desing untuk kenyamanan dengan konstruksi ‘teknologi‘ yang berkualitas. Dimana sepatu tersebut saat itu merupakan salah satu sepatu ‘running’ termahal ($130) yang pernah dijual. New Balance menyakini bahwa sepatu tersebut adalah ‘the best running shoes ever made.

Image result for new balance 1300 1985
image source : solecollector

Sepatu tersebut merupakan salah satu sepatu ‘bersejarah‘, dimana New Balance 1300 ini mampu ‘mengacaukan‘ pasar sneaker dunia. Dibuat di Skowhegan, Maine, sepatu ini membawa embel-embel ‘Made in USA’, dimana ada beberapa ‘fitur’ yang menojol seperti Vibram sole dan ‘ENCAP Techonolgy‘.

Re-rilis Pertama Kalinya di Tahun 1995

Popularitas dari 1300 berujung pada re-rilis di tahun 1995, dan re-rilis tersebut dikenal dengan New Balance 1300JP. Dimana produksinya di ‘awasi’ secara langsung oleh New Balance Jepang.

1300JP di design  untuk bisa ‘menyerupai seri originalnya loh, makanya New Balance US dan New Balance Japan lifestyle team bekerjea sama menggabungkan ‘archive‘ untuk memberikan detail seperti 14 garis pada logo N.B. di bagian ‘tounge’

Image may contain: 1 person
image source : solebox

Kenapa Laku di Jepang?

image source : solecollector

Ketertarikan Jepang terhadap ‘classic American style‘ sudah tidak perlu diragukan, salah satunya ‘ivy leagues‘ dan banyaknya brand seperti L.L Beans, Patagonia,dll. New Balance termaksud salah satu brand yang mendapatkan apresiasi begitu ‘hangat’ di masyarakat Jepang.

Seperti dikutip dari Highsnobiety, Tetsuya Shono, head of lifestye New Balance Jepang menjelaskan ‘Sebagian besar pecinta fashion di Jepang sangatlah menyukai gaya ‘Americancasual, vintage dan ‘heritage‘. Dirinya juga menambahkan ‘Sangatlah mudah untuk mereka bisa mengapresiasi sebuah ‘craftsmanship ‘ dari New Balance, dan mengingat juga sejarah brand tersebut’.

Fakta Menarik New Balance 1300JP

Produksi dari retr0 1300JP ini tetap dilakukan di U.S dan dalam pengawasan dari tim ‘Jepang’ yang juga datang ke pabrik untuk memastikan kualitasnya. Tetsuya Shone menceritakan hal yang menarik soal salah satu kunjungannya ke pabrik yang menjukan dedikasi para pekerja pabrik di U.S untuk bisa menjaga ‘craftsmanship‘ dari Made in USA ;

image source : New Balance

Aku akan bercerita mengenai development proses dari 1300JP di tahun 2010. Pada bagian ‘inner stitch’ dari logo ‘N’, kita memang  menginginkan jaitan pada bagian ‘corner’ untuk sengaja ‘rounded’ agar terlihat menyerupai versi 1985. Kita sudah menyampaikan hal tersebut kepada tim di U.S, akan tetapi saat samplenya datang dengan jaihitan lurus dan sangat rapih. Hal tersbut terjadi karena pabrik di U.S sangatlah menjujung tinggi ‘teknik’ dan ‘craftmanship sehingga jahitan tersebut sangatlah rapih. Setelah itu, aku kembali meminta jahitan ‘rounded’, namun mereka tidak mengerti tujuannya, sehingga aku kembali menerima hal yang sama’. Butuh waktu yang lama untuk akhirnya bisa mendapatkan rounded stitch yang dimaksud.

New Balance 1300JP3 sudah dirilis 22 Febuari yang lalu, dan tidak main-main material yang digunakan sangatlah ‘top notch’, dan salah satunya adalah penggunaan ‘Horween Leather‘. Gua sendiri beruntung bisa ‘secure‘ pairs ini dengan harga yang bersahabat, alias bukan resell 🙂 , dan buat gua sepatu ini sangat mudah di mix & match dengan style sehari-hari.

It’s not too late for you too get this pair in resell price, remembering that this shoes only release once in five years.

close

Sepatu New Balance Ini Rilis 5 Tahun Sekali!Mirip Pemilu Yah?!

Search
close