Sepatu New Balance 99x, Ini Hal yang Harus Lo Ketahui!

access_time 2 tahun yang lalu

Sepatu New Balance Seri 99x sudah mulai dikenal oleh sebagian besar masyarakat mulai tahun 80’an, 2-3 tahun belakangan New Balance 990v4 dan 990V5 menjadi salah satu sepatu yang paling sering dibahas dan bahkan menjadi ‘people’s favorite pairs‘.

Meskipun sering disebut ‘Dad Shoes‘, siluet tersebut berhasil ‘mendistrub‘ pasar sneakers yang ada. Namun pertanyaannya apakah lo mengenal siapa orang yang ternyata menjadi desainer dari sepatu yang siluetnya begitu timeless ini?

Kalau belum, nih gua kenalin sama Steven Smith! Dia adalah orang yang mengenal seri 99x dari segala aspek, selain New Balance dia juga bekerja sama dengan berbagai brand lain seperti Reebok, Nike, FILA dan saat ini dengan ‘KEEN’.

Designer dengan pengalaman 30 tahun lebih di duniar footwear tersbut membuat sebuah sejarah dengan menciptakan salah satu seri sepatu New Balance yang terkenal dengan estitkanya namun tidak melupakan ‘simplicity’ dan ‘purpose’.

Image result for new balance 995 1986

Sepatu New Balance 995 merupakan seri pertama yang di kerjakan oleh Steven Smith. Mengutip wawancara di majalah Sneakerfreaker dirinya menjelaskan ‘ Sepatu New Balance 990 adalah sepatu favorit gua dimasa itu, jadi gua gak percaya saat gua mendapatkan kepercayaan ntuk bisa mengerjakan ‘penerus’ dari sepatu ini.’

‘Gua tidak berfikir untuk bisa menciptakan sebuah design yang ikonik, yang ada di kepala gua saat itu adalah membuat sebuah produk ‘terbaik’ yang mungkin dibuat pada masa itu’ – begitu tambahnya.

Fast forward ke masa sekarang, serial tersebut begitu digandrungi oleh hampir semua orang, terutama yang bosan dengan sepatu-sepatu hype seperti Yeezy dan Air Jordan. New Balance seri 99x ini mempunyai tempat tersendiri di dunia sneakers.

Meskipun ada fakta menarik bahwa Steven Smith hanya mengerjakan seri 995, 996, 997 dan 576. Lewat sebuah artikel di Complex.com , dirinya menjelaskan sebagai berikut ‘Follow up New Balance terhadap seri 900 sangatlah luar biasa.’

‘Nerdy Dad Shoes’ they said, but the fact is this is shoes has infiltrated the fashion world! – kata gua

Itu tadi soal di designer, Steven Smith yang sering juga disebut ‘THE GOOD FATHER OF DAD SHOES‘.

Sekarang gua akan bocorin semua koleksi sepatu New Balance berkepala 9 ini, here we go;

New Balance M990 – 1982

image source : sneakernews.com

Sepatu ini adalah awal dari sebuah sejarah, cerita New Balance 99x dimulai dari sini. Pada tahun 1982, New Balance merilis sepatu yang untuk pertama kalinya menggunakan ‘Vibram‘ sebagai rubber outsole. Selain itu sepatu ini juga dilengkapi dengan material reflective dari 3M, dan jangan lupakan bahan premium ‘pig skin‘ yang digunakan saat itu. Sepatu ini merupakan sepatu ‘termahal’ pada masa itu.

New Balance M995 -1986

Image result for new balance 995 1986
image source : sneakerfreaker.com

Ini merupakan sepatu yang pertama kalinya ‘Steven Smith‘ mulai berkolaborasi dengan New Balance. Diperkenalkan ke public pada tahun 1986, New Balance 996 merupakan upgrade dari versi 990, pada sepatu ini mereka mulai menggunakan ‘pre moulded ENCAP unit dan EVA‘ untuk meningkatkan distribusi dari ‘cushioning‘. Bisa dibilang kalau perubahannya emang gak keliatan jauh-jauh amat, tapi tetep signifikan.

New Balance M996 – 1988

History Of New Balance 996 Og 1
image source : sneakerfreaker.com

Sepatu ini memliki perubahan tampilan yang cukup berbeda dengan pendahulunya, New Balance 996 dilengkapi dengan ‘carbon crash pad‘ pada bagian heel dan penggunaan 5 shades dari warna grey ini menjadi salah satu desain yang juga masih lawas sampai saat ini.

New Balance 997 –  1990

History Of New Balance 997 2
image source : sneakerfreaker.com

Dirilis tahun 1990, New Balance 997 merupakan siluet terakhir yang di desain oleh Steven Smith. Menariknya hampir semuanya dikerjakan sendiri oleh sang desainer, salah satunya adalah proses ‘hand cutting patterns‘ yang digunakan para ‘pekerja’ sebagai pedoman. Hal yang palin menarik dari New Balance 997 adalah ‘rubber outsole‘-nya, dan itu alasan kenapa heel pad sepatu ini lebih tinggi dari bagian lainnya,

New Balance M998 – 1993

History Of New Balance 998 Og 1
image source : sneakerfreaker.com

Di tahun 1993, New Balance bekerja sama dengan ‘Dupont‘ dan ‘Bridgestone‘. Kerjasama tersebut bertujuan untuk men-develop ENCAP II yang kemudian lebih dikenal sampai saat ini dengan ABZORB.  Ide awal adalah adalah penggunaan material yang disebut Rubazorb, dimana material tersebut biasa digunakan untuk mengurangi ‘impact‘ pada permukaan yang ada di ‘track‘, namun pada fase awal ternyata Rubazorb terlalu ‘kaku’ dan ‘berat’ untuk digunakan pada runinng shoes.

Setelah melakukan beberapa perubahan, akhirnya New Balance M998 dirilis.

New Balance M999 – 1996

History Of New Balance 999 Og 1
image source : sneakerfreaker.com

M999 merupakan salah satu ‘evolutionary update‘. ABZORB direlokasi lebih dekat pada ‘titik’ impact di area ‘heel’.

New Balance M99oV2 GR – 1998

New Balance 990v2
image source : sneakerfreaker.com

Inilah cikal bakal dari sepatu New Balance yang paling ‘trend saat ini’. Tahun 1998, M990V2 GR dirilis! Sepatu ini menggunakan teknologi ABZORB pada seluruh sole ENCAP dan ‘sealed bubble‘ pada bagian heel.

Sepatu inilah yang kemudian menjadi OG Shape yang terus di ‘follow up’ oleh New Balance.

New Balance M991GL – 2001

History Of New Balance 991 1
image source : sneakerfreaker.com

Dirilis 2001, M991 merupakan ‘modern upgrade‘ dari 990. Untuk pertama kalinya ABZORB foam digunakan mulai dari area forefoot , dan desain ini juga bisa diblilang terlihat minimalis dan modern. 991 menjanjikan ‘maximum durability‘.

New Balance M992 – 2006

History Of New Balance 992 1
image source : sneakerfreaker.com

Tahun 2006, New Balance merayakan ulang tahun ke 100-nya dengan merilis M992. Rilisan ini ‘mengaplikasikan’ ABZORB SBS. Versi terbaru ini dilengkapi dengan ‘non-cellular elastomer‘, yaitu ‘squishy rubber‘ yang akan selalu ‘bounce back‘ meskipun sudah digunakan selama bertahun-tahun.

New Balance MR993GL – 2008

New Balance 993
image source : sneakerfreaker.com

MR993GL dirilis tahun 2008 dengan menggabungkan elemen yang ada pada siluet 991 dan 992. Di seri ini, New Balance memperkenalkan ABZORB DTS, DTS berarti Dynamic Transitioning System.

New Balance M990V3 GL3 – 2012

New Balance 990v3
image source : sneakerfreaker.com

30 Tahun kemudian sejak pertama kali OG990 dirilis, akhirnya di tahun 2012, New Balance merilis seri ini. M990V3 menampilkan ‘perbaharuan‘ dengan menampilkan fitur mesh yang lebih banyak dengan tujuan meningkatkan ‘breathability‘ dari sepatu ini. Desain ini terlihat lebih ‘utilitarian‘ jika dibanding dengan seri pendahulunya.

New Balance M990V4 GL4 – 2016

History Of New Balance 990V4 1 1
image source : sneakerfreaker.com

Dirilis 2016, M99oV4 merupakan ‘senjata’ terbaik dari New Balance untuk mampu merangkul lebih banyak orang. Terinspirasi dari era OG, seri ini menggabungkan ‘sporty’ look dengan ‘aesthetic’ look yang membuat siluet ini menjadi sangat timeless. ENCAP sole dari sepatu ini terbuat dari ‘polyurethane ring with an EVA core‘, yang dijamin akan memberikan ‘keseimbangan’ baik ‘cushioning‘ dan ‘stabilitas’.

Setelah rilisan ini, New Balance tidak berhenti dan merilis NB990V5 di tahun 2019.

Sedikit tips dari gua bagi kalian yang akhirnya ‘jatuh cinta’ pada New Balance, dan ingin mulai membelinya ;

  • Pilih color ‘grey’, karena color ini tidak pernah failed.
  • Pastikan itu pig-skin atau bukan
  • Rock them, don’t keep them!

That’s it about New Balance 99x! Terima kasih buat lo yang sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini 🙂

HAPPY WEEKEND!

‘It Got to be grey for me. I know it’s a standard and all, but it really is the best. No-one does grey suede and mesh better than New Balance and when it’s on a silhouette from the 99x series, it’s just perfection’ – Thomas Lindie (NB Collector)

Source : Sneakefreakers Magazine Issue 37, SneakerFreakers.com

close

Sepatu New Balance 99x, Ini Hal yang Harus Lo Ketahui!

Search
close