Sepatu ‘Karet’ Pertama Di Dunia!

access_time 2 tahun yang lalu

Jakarta, USS Feed – Sebagian orang tentu sudah sangat familiar dengan apa yang dimaksud dengan sepatu ‘karet’ atau yang beberapa tahun belakangan lebih ngetrend dengan istilah ‘sneakers

Di Indonesia, trend sneakers sebenarnya sudah dimulai sejak 2013 loh. Meskipun demikian, perkembangan sneakers di Indonesia baru bergerak pesat di tahun 2015. Saat itu, mulai banyak retailers di Indonesia yang berhasil membawa beberapa ‘raresneakers seperti Yeezy 350 yang saat itu menjadi incaran banyak orang, tidak lupa juga beberapa rilisa Air Jordan 1 dan Flyknit Racer.

Meskipun saat ini sneakers bisa dikategorikan menjadi salah satu kebutuhan ‘primer‘ bagi masayarkat Indonesia, tapi tahukah lo kapan pertama kali sneakers ditemukan?

Don’t worries, kali ini tim USS Feed akan membahas ‘Sepatu Karet Pertama di Dunia!‘. Happy reading!!

Siapa Penemu Sepatu ‘Karet’?

Sejarah dari sneakers sendiri sangatlah panjang, dimulai pada tahun 1839 pada saat seorang Ilmuwan dari Amerika bernama Charles Goodyear berhasi menemukan ‘vulcanized rubber

Apa itu vulcanized rubber? tonton video di bawah

Singkatnya vulcanized rubber adalah ; sebuah proses penambahan sufur pada ‘karet’ yang kemudian dipanaskan hingga cair, setelah itu dimasukan kedalam mesin cetak sesuai moti sol yang dinginnkan.

Beberapa dekade kemudian, penemuan ini digunakan oleh para pabrikan sepatu yang mengklaim sole tersebut menjadi lebih ‘kuat’!

Kapan Sepatu ‘Karet’ Pertama di Buat?

Sekitar awal abad ke-20, ada dua perusahaan yang sedang mencari cara untuk bisa menggunakan ‘rubber sole‘. Dimana saat itu, dari sisi bisnis akan sangat menjanjikan.

The US Rubber Company’ akhir men-develop KEDS, dan perusaahan tersebut mulai berjualan di tahun 1916. Setahun setelah itu, perusahaan yang saat ini masih ‘going strong‘ mulai juga berjualan. Apa tuh perusahaannya?

Converse, ditahun 1917 merilis All Star Shoes untuk pertama kalinya loh! And speaking of endorsment, ternyata udah lama jadi strategi marketing juga nih. Ditahun 1920, brand tersebut mulai meng-endorse para pemain basket dan salah satu pelatih bernama ‘Chuck Taylor‘.

Nama Chuck Taylor ini akhirnya menjadi salah satu artikel rilisan Converse yang masih bisa ditemukan sampai saat ini! Ditahun 1924, Dua bersaudara asal Jerman yaitu Rudolf dan Adolf ‘Adi’ Dassler mulai ikutan dan membuat sebuah ‘sepatu’ untu para atlit di masa itu, and you know the rest is histroy that made what sneakers are this day!

Nah itu tadi, sejarah penemuan sepatu karet untuk pertama kalinya, meskipun tidak disebutkan nama penemunya tetapi kita tahu jelas kapan sneakers mulai menjadi trend. If you want more about ‘Sejarah Sepatu Karet’, just stay tune to USS Feed!

 

close

Sepatu ‘Karet’ Pertama Di Dunia!

Search
close