Selamatkan Diri Dari Virus Corona dengan Lakukan DIY Ini!

access_time 2 tahun yang lalu

Menyambut virus Corona yang bikin parno, semua orang mulai berbondong-bondong membeli masker dan hand sanitizer untuk tetap menghindari penularan penyakit itu. Akibatnya stok kedua barang tersebut mulai habis di mana-mana dan harganya pun semakin melambung tinggi.

Contohnya di Glodok, Jakarta Barat untuk satu boks masker dibanderol dengan harga Rp 300.000 padahal dulunya satu boks hanya dihargai Rp 20.000 saja. Begitu juga dengan hand sanitizer yang dulu dijual seharga Rp 25.000, kini meningkat menjadi Rp 85.000 untuk satu botolnya.

Melihat fenomena ini, bikin kita resah sama orang-orang yang menimbun masker dan hand sanitizer. Kita semakin sulit mencari persediaan kedua barang tersebut untuk membantu kita menghindari penyakit menyeramkan ini. Tapi kalian bisa menggunakan DIY di bawah ini, biar kalian tetap aman dan terjaga dari sumber penyakit.

Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Source: The Verge

Memang benar cara terbaik untuk menghindarinya adalah mencuci tangan dengan sabun dan air, dan sebisa mungkin menghindari untuk menyentuh wajah. Tapi kalau sedang berpergian yang sulit mendapatkan akses sabun dan air, solusi utamanya adalah hand sanitizer.

Kalau mau membuat hand sanitizer sendiri, lo harus perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Hand sanitizer akan lebih maksimal ketika terkandung 60% alkohol isopropil. Dengan begitu, lo harus mencampurkan sanitizer dengan lidah buaya untuk menstabilkan dan melindungi tangan lo. Untuk komposisinya, lo bisa mencampurkan setidaknya dua pertiga alkohol isopropil 99% dan sepertiga gel. Tapi kalau ribet, lo bisa menggunakan vodka dengan alkohol 40%.
  2. Sanitizer ini sebenarnya akan lebih efektif jika disemprotkan ke seluruh permukaan tangan, lalu mengeringkannya. Kalau lo hanya menyemprotkan sedikit kemudian digosok-gosok ke tangan, sanitizer tersebut tidak akan berguna secara maksimal.
  3. Kalau tangan kalian sangat kotor, menggunakan hand sanitizer saja tidak akan membantu. Kalian lebih baik mencuci tangan dengan sabun dan air, serta berusaha tidak menyentuh muka.

Membuat Masker Sendiri

Nah, tidak hanya hand sanitizer, tapi masker pun juga bisa kalian buat sendiri. Caranya pun cukup mudah dengan menggunakan barang-barang yang ada di sekitar kalian. Bahan-bahan yang digunakan hanya tissue, karet, dan stapler.

Kalian hanya perlu melipat tissue dengan memanjang dan melipatkannya ke karet yang ada di ujung tissue. Kemudian stapler tissu yang sudah dilipat supaya menyangkut pada karet. Digunakannya karet ini untuk menyangkutkannya ke telinga kita.

Setelah jadi, tissue tersebut dibuka dan jadilah masker buatan kita sendiri.

Cara-cara di atas bisa jadi referensi dan rekomendasi tepat ketika lo kehabisan persediaan masker dan hand sanitizer untuk menghindari penyakit ini. Stay safe!

close

Selamatkan Diri Dari Virus Corona dengan Lakukan DIY Ini!

Search
close