“Selamat Ulang Tahun,” Album Perdana yang Intim dari Nadin Amizah

Nadin Amizah Selamat Ulang Tahun
access_time 1 tahun yang lalu

Album pendewasaan dari Nadin Amizah

Nadin Amizah akhirnya merilis album debutnya “Selamat Ulang Tahun” hari Kamis (28/5/2020) lalu, tepat di hari ulang tahunnya yang ke-20.

Sebanyak sepuluh lagu jadi isi album tersebut, termasuk trackKanyaah” dan “Beranjak Dewasa” yang sudah terlebih dahulu dirilis sebagai “menu pembuka” album ini.

Dalam penggarapannya, Nadin dibantu sejumlah nama seperti Tarrarin dari Svmmerdose, Mikha Angelo, sampai Petra Sihombing. Namun dari segi penulisan lagu, semua track dirangkai sendiri oleh Nadin.

View this post on Instagram

berawal dari perasaan bingung saat disebut sebagai dewasa, tapi ga dikasih kepercayaan sepenuhnya karna masih ‘belum dewasa’, aku ingin menggambarkan bagaimana kepalaku selalu di ambang kebingungan dan acak-acakannya proses berpikir aku dengan pacifier yang ga cocok sama gaun putih yang ku pakai. dari foto @yelolhan yang menjadi dasar inspirasi visualnya, tidak sulit untuk mengartikan apa yang ada di kepalaku ke @likosukhoyd dan dengan tangan magisnya semua bisa terlengkapi sempurna yang di bantu oleh pahlawan lainnya yaitu ka @galuhprstyo. foto ini berhasil diabadikan dengan cantik berkat @prabowbow dan kesabarannya menuhin visiku. Photographer : Prabowo Art Director : Liko Sukhoy Assistant Art Director : Galuh Adi Hairdo : @krisna_endi White dress : @rainaardeliasposa In Collaboration with Fleur By Raja(@fleurbyraja) & Khayalkini (@khayalkini) Special Thanks to Teddy House (@teddyhouseindonesia) the pōt cartel (@thepotcartel) Soeki Living (@soekiliving )

A post shared by Nadin Amizah (@cakecaine) on

Pendewasaan jadi tema utama “Selamat Ulang Tahun.” Bahkan sebelum pendengarnya menikmati seluruh track di album yang berdurasi total 42 menit 55 detik ini, pesan tersebut sudah diisyaratkan lewat materi visual yang menampilkan Nadin dengan pacifier.

Meski sempat mengakui bahwa bahwa ia masih menemui kendala dari segi penulisan lagu, Nadin terbilang cukup piawai dalam bidang ini.

Kegelisahan, kebingungan, kesoktahuan, kebodohan dan kebahagiaan dituturkan secara transparan dan intim. Rasanya seperti membaca catatan harian pribadi.

Pendewasaan musik Nadin Amizah

Meski self development jadi pesan utama dari sisi penulisan lirik, namun pendewasaan juga kental terasa dari segi musikalitas.

Dari segi teknik bernyanyi, Nadin mulai keluar dari zona nyamannya di album ini. Hal tersebut bisa dibuktikan lewat “Beranjak Dewasa” dan “Bertaut.”

Nadin juga bergerak lebih leluasa dari segi aransemen. Dengan nuansa yang mellow dan dreamy, meresapi “Selamat Ulang Tahun” terasa hampir seperti pertunjukan opera.

Meski punya banyak kelebihan, “Selamat Ulang Tahun” bukanlah album yang sempurna. Formula musik mellow yang memainkan unsur emosional yang ia usung sudah sering dijadikan ‘amunisi’ sejumlah musisi lain.

Mesk begitu, sulit untuk membantah “Selamat Ulang Tahun” sebagai album yang ciamik, dan menjadikan Nadin Amizah sebagai sosok baru yang patut dipantau pecinta musik di masa mendatang.

close

“Selamat Ulang Tahun,” Album Perdana yang Intim dari Nadin Amizah

Search
close