SEA Games 2021 Vietnam Resmi Ditunda

access_time 4 bulan yang lalu

Sea Games 2021 resmi ditunda hingga 2022

Gelaran Sea Games 2021 yang rencananya berlangsung akhir tahun ini, yakni 21 November hingga 2 Desember resmi tertunda hingga 2022.

Setelah pertemuan SEA Games Federation (SEAGF) pada Kamis (8 Jul), Singapore National Olympic Council mengeluarkan pernyataan. Mengutip dari Strait Times, keputusannya SEA Games gak jadi digelar tahun ini.

Selain itu, Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang mengikuti pertemuan tersebut juga mengabarkan hal yang sama.

“Sementara masih berlangsung di belakang saya rapat SEAGF, bisa diputuskan bahwa tahun 2021 SEA Games di Vietnam tidak ada.” kata Raja Sapta Oktohari dalam konferensi pers virtual pelepasan kontingen Indonesia ke Olimpiade Tokyo, Kamis (8/7/2021), melansir dari Antara News.

Sejarah SEA Games dan Tujuannya Halaman all - Kompas.com
Via Kompas
Baca juga: Obor Olimpiade Jadi Sasaran Pistol Air Perempuan Ini!

Menyatakan keberatan

Merespon rencana tersebut, Okto mengaku keberatan. Keberatan yang ia sampaikan berkenaan dengan pengajuan anggaran untuk SEA Games Vietnam. Lantaran mekanisme anggaran pada setiap negara berbeda-beda.

“Dari Indonesia sudah kami sampaikan kalau mereka minta di April atau Mei, itu tidak akan semudah itu, karena mekanisme anggaran di setiap negara berbeda-beda,” ujar Okto.

Klasemen SEA Games 2019 Selasa Malam: Indonesia Peringkat ke-4 - Sport Tempo.co
Via Tempo
Baca juga: Singapura Izinkan Konser Musik Tapi Dengan Syarat

Spekulasi penundaan SEA Games

Selain itu, sebenarnya udah banyak yang berspekulasi menyoal penundaan SEA Games sejak beberapa bulan sebelum ini. Lantaran komite olimpiade Vietnam mengutarakan kekhawatiran mereka buat mengadakan multi event tersebar pada Asia Tenggara, di tengah pandemi kayak gini. Apalagi angka Covid-19 mulai meningkat lagi di vietnam.

Dalam pelaksanaan SEA Games, ada 40 cabang olahraga yang bakal menjadi pertandingan dan melibatkan 10 ribu peserta. Berdasarkan data dari Worldometers, penambahan kasus Covid-19 Vietnam ada pada 314 kasus.

Pandemi Covid-19 yang hingga kini belum mereda menjadi salah satu alasan. NOC Vietnam bakal mencari jadwal baru buat SEA Games tahun depan.

close

SEA Games 2021 Vietnam Resmi Ditunda

Search
close