Sarapan Bubur Selama 200 Tahun, Napi Ini Protes Minta Omelette

access_time 1 tahun yang lalu

Apa rasanya kalau selama beratus-ratus tahun, sarapan lo hanya disuguhi terus menerus dengan bubur? Pastinya bosan kan?

Seperti itulah yang dirasakan para napi di penjara HMP Holme House, Kategori C di Inggris. Baru-baru ini, mereka membuat sebuah protes keras karena menu sarapan yang diberikan tidak pernah berubah selama 200 tahun terakhir, yaitu bubur.

Dilansir dari Mirror UK, para napi mengaku bosan dan muak karena harus menyantap menu sarapan bubur setiap harinya. Ini juga karena pihak penjara tidak memberikan pilihan menu sarapan lain.

Sarapan Bubur di Penjara Inggris
via iStock

Menurut para napi, tidak adil rasanya jika mereka harus menyantap bubur yang sama selama 200 tahun terakhir. Pada akhirnya pun mereka mengajukan laporan ke dewan penjara untuk mengeluarkan menu bubur setiap akhir pekan.

Dalam protesnya, mereka meminta sarapan mereka di akhir pekan diganti dengan omelette, crackersselai, atau sereal.

Protes yang dilakukan para napi ini pun berhasil menarik perhatian banyak orang. Jika melihat sejarah ke belakang, ternyata sarapan bubur di penjara ini sudah jadi tradisi dan budaya di Inggris sejak dulu.

Budaya sarapan bubur

Sarapan Bubur di Penjara Inggris
via iStock

Budaya sarapan dengan bubur ini rupanya pertama kali dilakukan di penjara Inveraray di Skotlandia pada tahun 1820 lalu.

Kemudian tradisi itu dilakukan sampai sekarang dan setiap harinya para napi akan memulai hari dengan 150 gram bubur oatmeal dengan tiga perempat liter susu.

via Giphy

Bubur bernutrisi yang nyatanya membosankan bagi para napi, ternyata menurut buku Lag’sLexicon tahun 1950 menyebutkan bahwa sarapan bubur adalah sebutan buat para napi sebagai salah satu bentuk menjalankan hukuman mereka.

Sampai saat ini, bubur masih dianggap jadi menu sarapan yang ideal di penjara Inggris. Hal ini karena Pemerintah Inggris hanya perlu mengeluarkan GBP 2 atau setara IDR 36.000 per orang untuk sarapan setiap harinya.

Bubur penuh nutrisi

via iStock

Walaupun pada akhirnya para napi ini kebosanan dengan sarapan bubur, tapi ternyata terdapat banyak nutrisi di dalamnya.

Bubur ini terkenal dengan membawa kandungan magnesium, iron, zat besi, sampai vitamin B.

Sekarang tradisi tersebut perlahan sudah mulai berubah. Penjara HMP Holme House sudah mulai mengabulkan permintaan para napi dan dipastikan akan mendapat sarapan yang berbeda tiap akhir pekan.

_

Apa rasanya ya kalau tiap hari harus makan bubur? Gue sih bakal cepet laper kalo sarapan cuman pakai bubur.

close

Sarapan Bubur Selama 200 Tahun, Napi Ini Protes Minta Omelette

Search
close