Samsung Mau ‘Copy Paste’ Otak Manusia ke Chip SSD, Memang Bisa?

Samsung Mau 'Copy Paste' Otak Manusia ke Chip SSD, Memang Bisa?
access_time 3 minggu yang lalu

Perusahaan teknologi terus berlomba-lomba bikin kecerdasan buatan, tak terkecuali Samsung.

Raksasa teknologi asal Korea itu menemukan cara untuk langsung meng-copy paste otak manusia ke dalam chip SSD. Bukan sekadar menyimpan game kesukaan atau foto-foto, ternyata alat itu bisa nampung peta otak manusia.

Hal ini lah yang para ilmuwan dari Harvard dan Samsung coba buktikan lewat penelitiannya.

Samsung coba ‘copy paste‘ otak manusia ke SSD

Samsung Mau 'Copy Paste' Otak Manusia ke Chip SSD, Memang Bisa?
Samsung

Ini nggak se-simple pindahin gambar dari otak manusia ke folder. Yang Samsung coba lakukan adalah meniru struktur neuron manusia dengan struktur memori non-volatile.

Artinya, hal ini membutuhkan proses copy-paste yang sangat banyak. Menurut laporan Engadget, hasilnya bakal menyerupai tiruan otak manusia, seperti yang para ilmuwan inginkan.

Ini pun bisa jadi semacam ‘shortcut‘ ke sistem artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang berperilaku seperti otak sungguhan.

Artificial intelligence dengan segala fleksibilitasnya

Samsung Mau 'Copy Paste' Otak Manusia ke Chip SSD, Memang Bisa?
via Giphy

Penelitian ini berjudul “Neuromorphic electronics based on copying and pasting the brain.”

Bagaikan sistem artificial intelligence yang bekerja seperti otak manusia, teknologi ini juga memiliki fleksibilitas untuk belajar konsep-konsep baru dan beradaptasi ke kondisi yang berubah-ubah.

Walau begitu, menurut para peneliti, nantinya mungkin saja kita bisa lihat mesin yang berotonomi penuh dengan kognisi sungguhan.

Para penulis membayangkan untuk membuat chip memori yang mendekati ciri-ciri komputasi unik otak: daya rendah, pembelajaran mudah, adaptasi lingkungan, bahkan otonomi dan kognisi — yang berada di luar jangkauan teknologi saat ini.” kata Samsung.

Is ‘Black Mirror’ coming to reality?

Baca juga:

close

Samsung Mau ‘Copy Paste’ Otak Manusia ke Chip SSD, Memang Bisa?

Search
close