πŸ› 5 Salmon Mentai yang Enak dan Cuan untuk Jualan!

By
access_time 6 bulan yang lalu

Salmon mentai sedang tinggi peminat, meski sebenarnya bukanlah menu baru. Popularitasnya tahun-tahun ini melejit bagaikan seleb Tiktok.

Pandemi ini memang memunculkan fenomena viralitas yang unik, di mana banyak hal yang tadinya biasa, mendadak begitu outstanding. Seperti salmon mentai, yang pada dasarnya adalah menu ikan salmon di atas nasi atau mie yang diolah dengan saos mayonaise dan diberi burnt effect. Menghasilkan sensasi rasa yang sedikit berbeda, tapi sesuai dengan selera masa kini.

Saos mentai sendiri bisa kita kreasikan dengan protein lainnya, seperti beef, daging ayam, kani dan masih banyak lagi. Menu ini sangat versatile untuk kita masak sendiri, maupun jadi tambahan pemasukan. Ada banyak kreasi mentai yang mudah dibuat, seperti yang berikut ini.

Salmon mentai rice

5 Makan Siang Favorit untuk Pesan Antar
Sumber: Tokopedia

Bahan yang paling mudah dipadukan dengan salmon mentai adalah nasi. Apalagi sebagai orang Indonesia, banyak yang merasa belum makan kalau tanpa nasi. Cara memasak resep juga mudah. Setelah mengolah salmon dengan kecap asin dan dimatangkan pada wajan, kita bisa menatanya pada wadah foil atau mangkuk tahan panas. Tata nasi dengan salmon yang telah masak di atasnya.

Bukan hanya nasi putih, kalau kamu ingin mengatur kalorinya, bisa juga pakai beras coklat. Salmon dengan saos mentai dan base nasi ini juga sering orang sebut salmon mentai don.

Salmon shirataki mentai

Jual Harga Hemat Salmon Kani Mentai Shirataki . Cheese - No Tobiko di Lapak Marmara Olshop | Bukalapak
Sumber: Bukalapak

Untuk yang tidak makan nasi, sedang diet atau menghindari gluten, bisa juga menggunakan resep mentai dengan base shirataki. Ini merupakan bahan mie yang terbuat dari konjac. Teksturnya mirip seperti sohun tebal, tapi lebih kenyal dan kalorinya super rendah. Bisa mengimbangi kalori saus mentai yang terbuat dari mayonnaise, di mana kalorinya cukup besar. Jadi, kalau mau ngemil tanpa feeling guilty, resep ini bisa jadi pilihan tepat.

Mengolah mie shirataki ini juga tidaklah sulit. Setelah masak dalam rebusan air, mie konjac ini siap ditata bersama serbuk nori, kani, salmon dan pastinya saus mentai. Biasanya, harga menu mentai dengan shirataki sedikit lebih mahal dibanding jenis base lainnya di pasaran. Karena ada harga, ada kualitas ya.

Spaghetti mentai salmon

Membayangkan sensasi rasa Italia dan Jepang bersatu, mungkin bikin kita bertanya-tanya bin penasaran. Kalau kata Sisca Kohl sih, β€œMari kita coba…!” Ya, karena spaghetti adalah salah satu jenis pasta yang sangat versatile dan mudah kita olah menjadi beragam menu. Namun, memang ada sedikit perbedaan resep dan penyajian untuk kreasi yang satu ini.

Jika biasanya penyajian resep ini dengan menata base di bagian bawah, kali ini kita pakai cara Italianya. Yakni, membumbui spaghetti yang sudah al dente, dengan saus mentai sesegera mungkin setelah ditiriskan. Barulah, kemudian tata di atas piring sebagaimana biasanya, sajikan bersama salmon marinasi kecap asin yang sudah matang di atasnya.

Salmon mentai Indomie

5 Kreasi Indomie anti mainstream, dari mentai hingga takoyaki
Sumber: Kulinear

Berikutnya yang pasti bakal jadi kesukaan semua orang, resep mentai yang terbuat dari indomie. Siapa yang tak kenal kenyal dan gurihnya mie kecintaan warga Indonesia dan dunia ini? Perpaduan dengan saus mentai berlevel pedas sesuai keinginanmu dan lembutnya salmon half cooked dengan marinasi kecap asin. Rasanya bakal pecah di mulut.

Tapi, variasi resep ini juga bisa agak tricky. Karena Indomie sudah punya takaran bumbu yang pas. Kita bisa sedikit mengurangi takaran bumbu instan pada base mie, kemudian menata dengan salmon, saus mentai dan bakar menggunakan torch untuk mendapatkan sensasi khasnya. Dengan mengurangi takaran bumbunya, kita juga sudah membantu organ serta tubuh kita agar tidak terlalu tinggi konsumsi garam

Sushi roll mentai

Resep Mentai Sushi Roll Ekonomis, Ganti Salmon dengan Sosis Halaman all - Kompas.com
Sumber: Kompas.com

Jika bosan dengan resep dan bentuk salmon mentai yang itu-itu saja, kita juga bisa lho mengkreasikannya dalam bentuk sushi. Malah akan sangat terasa taste Jepangnya bila kita menambahkan nori dan sticky-nyaberas Jepang yang nikmat.

Sushi roll ini adalah tipe sushi fushion yang bisa dikreasikan sesuka kita. Mau memadukannya dengan kani, cheese atau full salmon. Kemudian baluri punggung sushi yang sudah kita beri potongan salmon marinasi kecap asin dengan saus mentai. Tentu saja, finishingnya adalah dengan sedikit memanaskan bagian mayonaisenya agar semakin lezat. Jika mau, kita juga bisa menambahkan crumbs atau remah tempura sebagai taburan. Ini bisa memberikan sensasi renyah di tengah creamy dan lembutnya sushi roll salmon dan saus mentai.

Bisa menjadi peluang berbisnis

Resep ini memang langsung jadi incaran sebagai peluang usaha di kalangan pemula. Selain rasanya yang enak, cara membuatnya pun mudah. Apalagi, saat ini cukup banyak pemasok salmon dengan harga yang lebih bersahabat. Untuk kreasi mentai ini, nilai jualnya tergantung dengan base dan varian yang dipakai, serta ukurannya.

Rekomendasi harga menu mentai bisa mulai dari IDR 25.000 untuk size personal. Sedangkan ukuran M atau L biasanya berada di kisaran IDR 40.000 hingga IDR 75.000. Kalau ingin yang puas, buatlah family size yang harganya bisa kita tawarkan hingga IDR 170.000.

Itulah beberapa kreasi mentai dan salmon yang bisa kalian coba. Baik untuk konsumsi sendiri, maupun dijual kembali. Tak hanya rasanya, tapi peluangnya ‘gurih’ untuk dicoba.

BACA JUGA: 4 Kreasi Shirataki Rice yang Enak tapi Rendah Kalori

close

πŸ› 5 Salmon Mentai yang Enak dan Cuan untuk Jualan!

Search
close