Salah Kirim Email? Ini Dia Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim!

Salah Kirim Email? Ini Dia Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim!
access_time 1 tahun yang lalu

Siapa pernah melakukan kesalahan dan tersadar setelah email tersebut terkirim?

Entah kesalahan alamat penerima, kurang melampirkan file dan hal lain, dulunyaĀ kesalahan tersebut tidak bisa diperbaiki karena email yang sudah terkirim tidak bisa ditarik kembali, sekarang kabar baiknya G-mail sudah menyediakan fitur Undo Send sebagai cara untuk mebatalkan yang sudah terkirim.

Fitur tersebut akan mampu mengembalikan email dan membuatnya gagal terkirim sehingga tidak akan masuk di kotak inbox.

Bagaimana cara kerja fitur Undo Send dan cara mengaktifkannya?

Perlu diingat kalau fitur Undo Send menawarkan jeda waktu sekitar 30 detik sebelum e-mail benar-benar terkirim dan fitur tersebut tidak otomatis aktif, melainkan pengguna harus terlebih dahulu mengaktifkannya.

  • Untuk bisa menggunakan fitur ini, aktifkan terlebih dahulu dengan cara sign-in ke akun G-mail, kemudian arahkan krusor ke tombol berbentuk gear, tepatnya berada di bawah foto akun profil.
  • Kemudian pilih “setting”, dari situ akan muncul beberapa opsi dan silahkan berikan centang pada opsi “enable undo send”
  • Jangan lupa simpan perubahan yang baru saja dilakukan dengan cara meng-klik tomblol “save changes” yang ada di bawah layar.
Ilustrasi Gmail di smartphone dan tablet
via CNNIndonesia / Dok.GOOGLE

Setelah mengaktifkan fitur tersebut nantinya para pengguna akan bisa membatalkan email yang sudah terkirim dengan cara sebagai berikut ;

  • Setelah e-mail terkirimi atau setelah memencet tombol “send” pada sebua pesan, klik menu “undo” yang akan muncul pada pojok kiri bawah layar
  • Email yang di undo akan masuk ke folder “draft”
  • Periksa kembali email “salah” tersebut, dan perbaiki sebelum akhirnya siap kembali di kirimkan

Seperti sudah dijelaskan di atas, akan ada waktu jeda yang diberikan sebelum pada akhirnya email tersebut benar-benar terkirim dan jika melewati waktu jeda, maka email tersebut sudah tidak bisa lagi dibatalkan.

G-mail sendiri memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk bisa mengatur batas waktu jeda, mulai dari 5, 10, 20 sampai dengan 30 detik dan jeda tersebut bisa diatur pada menu “Undo Send

Meskipun fitur ini akan bisa mempermudah para pengguna untuk memperbaiki kesalahan, Google tetap menyarankan setiap orang untuk tetap memeriksakan setiap pesan yang akan dikirimkan.

Source : CNNINdonesia

What a useful feature G-mail, we thank you for that!

close

Salah Kirim Email? Ini Dia Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim!

Search
close