Rizal, Bocah Korban Bully Mendapat Beasiswa Hingga Motor dari Gubernur Sulsel

access_time 1 tahun yang lalu

Rizal bocah berumu 12 tahun yang menjadi korban perundungan atau bullying oleh sekelompok pemuda yang belakangan ini sedang viral. Tidak hanya menarik perhatian para netizen, video itu juga menarik empati Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. Selasa, 19 Mei 2020 Rizal diundang ke rumah jabatan gubernur untuk menerima bantuan beasiswa.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menerima RZ (12), bocah penjual jalangkote korban bully di Pangkep (dok. Istimewa).
Source: Detik

Saya secara pribadi berikan beasiswa untuk 3 tahun, sebulan dikasih Rp 500.000,” ujar Bapak Nurdin Abdullah setelah memberikan bantuan secara simbolis kepada Rizal di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar.

Tidak hanya itu, Rizal juga diberikan sebuah motor listrik oleh Bapak Nurdin Abdullah. Namun sayang Rizal saat ini belum bisa mengendarai motor sehingga motor tersebut diberikan dikepada orang tuanya.

Berhubung belum bisa naik motor, tentu hadiah ini untuk orangtuanya yang berhasil mendidik anaknya selalu optimistis menghadapi kehidupan,” kata Bapak Nurdin Abdullah.

Bullying

Viral Bocah di Bonto Bonto Dibully, Pelaku Telah Ditangkap ...
Source: indozone

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), menyatakan bahwa selama tahun 2019 kurang lebih ada 153 anak di Indonesia yang menjadi korban kekerasan fisik dan bullying. Itu baru yang ketahuan yang tidak ketahuan belun tentu jumlahnya dan tidak terlacak dimana keberadaannya.

Apa yang ingin saya sampaikan pada artikel ini adalah, Rizal bukanlah satu-satunya anak yang menjadi korban bully (baik secara fisik ataupun verbal) di Indonesia. Ia adalah salah satu orang yang beruntung karena bisa mendapat perhatian dari netizen karena kejadian tersebut terekam oleh kamera.

Source: Giphy

Sebagian besar korban bullying tidak berani melaporkan hal tersebut karena adanya indikasi ancaman. Lalu bagaimana jika Lo, teman Lo, atau saudara Lo menjadi korban bullying? Harus lapor ke mana?

Anda bisa mengakses dan melaporkan ke KPAI di sini atau menghubungi nomor (+62) 021-319 015 56. Lo juga bisa langsung mengisi formulir pengaduan yang dediakan oleh KPAI di sini. Ayo laporkan semua tindak kekerasan dan bullying untuk mental anak Indonesia yang lebih sehat.

 

close

Rizal, Bocah Korban Bully Mendapat Beasiswa Hingga Motor dari Gubernur Sulsel

Search
close