Rilisan Film yang Tertunda Karena Corona

access_time 2 tahun yang lalu

Ancaman virus Corona (COVID-19) membuat seluruh belahan dunia dibuat takut dan panik. Hal tersebut ternyata juga turut dirasakan oleh dunia perfilman. Beberapa film terpaksa menunda penayangan resminya di layar lebar agar terhindar dari dampak buruk virus Corona.

Banyak film yang sudah kita nanti-nantikan kehadirannya di layar lebar perlu diundur jadwal penayangannya. Berikut adalah sederet film yang ikut tertunda akibat wabah virus Corona.

No Time To Die

Adegan di film James Bond: No Time to Die
Source: Kumparan

Sekuel lanjutan dari James Bond ini terpaksa harus tertunda penayangannya. Padahal, film ini sangat ditunggu-tunggu kehadirannya sebab ini akan menjadi film terakhir Daniel Craig sebagai James Bond.

Selain karena menghindari penyebaran virus Corona, film “No Time To Die” ini juga ingin melanjutkan keberhasilan atas titel Box Office dari film-film James Bond sebelumnya. Film-film tersebut antara lain: “Spectre“, “Skyfall“, “Casino Royale“, dan “Quantum of Solace“.

Sebelumnya, “No Time To Die” akan tayang perdana di Inggris pada 31 Maret 2020 ini. Kemudian akan tayang pada 10 April 2020 di Amerika Utara dan tayang secara internasional.

Karena berbagai pertimbangan, akhirnya MGM dan Universal Pictures memutuskan untuk merilis film ini November 2020.

KKN di Desa Penari

Image result for kkn di desa penari
Source: IDN Times

Begitu pula yang terjadi pada film horror Indonesia, “KKN Di Desa Penari” yang juga mengumumkan penundaan jadwal tayangnya. Dalam akun Twitter resmi @KKNMovie, sebuah poster dengan tanggal 19 Maret 2020 yang dicoret menandakan bahwa film tersebut tidak jadi dirilis minggu depan.

Namun, dengan adanya postingan ini, pihak MD Pictures belum memberi alasan yang detail terhadap penundaan penayangan film tersebut. Banyak orang yang menduga kalau penundaan ini juga disebabkan karena penyebaran virus Corona yang sudah semakin meluas.

Film ini merupakan adaptasi dari kisah yang dipublikasikan oleh akun Twitter SimpleMan. Cerita diawali dengan sekelompok mahasiswa yang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa yang disebut “Desa Penari”.

A Quiet Place 2

Image result for a quiet place 2
Source: IndieWire

Satu lagi film horror yang ikut tertunda penayangannya adalah “A Quiet Place 2“. Penundaan ini dikonfirmasi langsung oleh sutradara film tersebut, John Krasinski di akun Instagramnya. Menurutnya, bukanlah waktu yang tepat merilis sebuah film di tengah panemi corona.

View this post on Instagram

AQuietPlacePart2…Take2

A post shared by John Krasinski (@johnkrasinski) on

Sebelumnya, “A Quiet Place 2” akan tayang pada 18 Maret 2020. Namun Paramount Pictures melihat adanya pandemi corona pun menjadi alasan diundurnya penayangan film ini.

Dilansir dari Kompas.com, Paramount Pictures pun juga mengeluarkan pernyataan resmi, “Setelah membuat banyak pertimbangan dan mengingat penyebaran virus corona, serta pembatasan perjalanan dan pertemuan, Paramount Pictures akan menunda perilisan A Quiet Place Part II di seluruh dunia,“.

Sama seperti film “KKN Di Desa Penari“, film ini juga belum diketahui akan sampai kapan penundaannya.

Fast and Furious 9

Image result for fast and furious 9 poster
Source: Collider

Film garapan Universal ini juga ikut diundur penayangannya. Dari semua film yang berusaha diundur penayangannya, “Fast and Furious 9” menjadi yang paling lama dan jauh karena akan diundur hingga 2021 mendatang.

Sebelumnya, F9 akan ditayangkan di seluruh dunia pada Mei 2020 dan berencana akan diundur sampai 2 April 2021. Padahal, tanggal tersebut merupakan tanggal pemutaran sekuel terakhir untuk “Fast and Furious“, “Fast and Furious 10“.

Mulan

Image result for mulan
Source: The Verge

Film “Mulan” versi live action ini awalnya diprediksi akan rajai Box Office bersanding dengan “No Time To Die“. Namun, melihat penyebaran virus Corona ini membuat Disney memutuskan untuk menunda perilisan filmnya.

Sampai saat ini, pihak Walt Disney Pictures juga masih mencari tanggal yang tepat untuk menggantikan tanggal rilis awal yang akan tayang  25 Maret mendatang.

Film yang dibintangi Liu Yifei ini sudah melaksanakan pemutaran premiere pada 9 Maret kemarin, meskipun harus melalui protokol kesehatan yang ketat.

Diundurnya “Mulan” menambah deretan penundaan penayangan film akibat virus Corona. Selain “Mulan“, Disney juga mengumumkan dua film lain yang ditunda yaitu “The New Mutants” dan “Antlers“.

close

Rilisan Film yang Tertunda Karena Corona

Search
close