Rektor Asing Pertama Pimpin Universitas Siber Di Indonesia

access_time 2 tahun yang lalu

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Mensristekdikti), Mohamad Nasir perkenalkan rektor asing pertama yang masuk Indonesia bernama Jang Youn Cho, Pria asal Korea Selatan tersebut diberikan mandat untuk memimpin kampus swasta di Indonesia yakni Universitas Siber Asia.

Beliau dikatakan pernah memimpin perguruan tinggi di Hankuk University dan pernah menjadi profesor di Amerika, kini ia dipercayakan untuk menjadi rektor di Universitas Siber Asia.

“Rektor tadi punya pengalaman memimpin perguruan tinggi, satu pernah memimpin perguruan tinggi di Hankuk University, Korea Selatan dan pernah di Amerika dan sekarang dia menjadi rektor di Universitas Siber Asia ini,” kata Nasir di Denpasar, Bali, Senin (26/8).

Universitas Siber Asia tersebut akan diselanggarakan oleh Universitas Nasional Jakarta bekerja sama dengan Hankuk University of Foreiign Studies Korea Selatan. Universitas tersebut nantinya akan menjadi yang pertama di Indonesia sebagai Universitas berbasis pada daring atau online.

Kehadiran dari rektor asing tersebut diperkirakan dapat meningkatkan angka partisipasi kasar atau APK, sehingga mutu pendidikan akan menjadi baik dan bisa meningkatkan daya saing di tingkat international.

“Karena, ini Asia, mahasiswanya tidak saja dari Indonesia, dan ini ada permintaan mahasiswa bisa dari Asia Tenggara, Asia Barat maupun Afrika. Mudah-mudahan bisa jalan,” ujar dia.

Profil Jang Youn Cho, Rektor Asing Pertama di Indonesia

Begini Profil Lengkap Rektor Asing Pertama Indonesia
Source: Unas

Dikutip dari situs resmi Universitas Nasional, Jang Youn Cho merupakan seorang professor yang cukup ahli dalam bidang penilaian dan analissi bisnis, kinerja penghasilan, serta akuntansi international. Pada tahun 1997 hingga 1998 dirinya sempat menjabat menjadi Wakil Ketua Pendiri Dewan Standar Akuntansi Korea. Jabatananya tersebut merupakan badan pengaturan akuntansi di Korea yang meletakan dasar transparansi dalam standar akuntansi Korea.

Dirinya yang kerap dikenal sebagai Profesor Cho pernah dinominasikan sebagai profesor terbaik selama sepuluh tahun terakhir di Universitas Nebraska-Lincoln. Dia juga dikenal sebagai profesor pendidikan online pertama di Korea. Dirinya juga membuka program MBA Cyber ketika menjabat sebagai dekan Graduate School of Business.

Kemudian dirinya menjabat sebagai Wakil Presiden di Universitas Hankuk Studi Luar Negeri dalam mengisi Cyber University of Foregin Studies. Diketahui dirinya telah menerbitkan empat buku diantaranya, Teori Mediasi dan Peningkatan Kendalan Informasi Akuntansi Korea. Dirinya juga sempat merencanakan pengelolaan 26 proyek di bidang akuntansi membantu meletakkan dasar bagi internationalisasi standar akuntansi.

Kemudian ia menjabat Wakil Presiden Universitas Hankuk Studi Luar Negeri dalam mengisi Cyber University of Foreign Studies. Setelah itu dirinya pun menjabat sebagai konsultan dan direktur Yayasan Kesejahteraan Sosial Niralaba dan yayasan beasiswa.

Profesor Cho akhirnya pensiun pada Agustus 2017, dirinya memiliki misi menyumbangkan pengalamannya untuk mempromosikan pendidikan online untuk anak muda Indonesia.

Berikut pendidikan dan pengalaman yang dimiliki oleh Jang Youn Cho

Pendidikan

-Hankuk University of Foreign Studies (Penghargaan tertinggi, B.A dalam Administrasi Publik)
-University of Texas di Arlington (Magister Akuntansi Profesional)
-University of Florida, Sekolah Akuntansi Fisher, Ph. D. (Akuntansi).

Pengalaman

-1987-1996 Asisten Profesor, Profesor Rekanan Bertanggal, Universitas Nebraska di Lincoln, School of Accounting
-1997-2017 Profesor, Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Hankuk Studi Asing
-Wakil Ketua 1999-2000, Dewan Standar Akuntansi Korea (Purna Waktu)
-1999-2000 Anggota, Dewan Standar Akuntansi Pemerintahan, Kementerian Keuangan dan Ekonomi
-Editor 2001-2002: Tinjauan Akuntansi Korea
-Anggota 2004-2007, Komite Pengawas Akuntansi, Layanan Pengawasan Keuangan, Kementerian Perencanaan & Keuangan
-Dekan 2006-2010, Sekolah Tinggi Administrasi Bisnis, Sekolah Pascasarjana Bisnis, Universitas Hankuk
-2014-2017 Wakil Presiden Universitas Hankuk & Rektor, Cyber University of Foreign Studies.

 

Image Source: [Fajar]

close

Rektor Asing Pertama Pimpin Universitas Siber Di Indonesia

Search
close