Redakan Stress Saat Pandemi : Studi Ungkap Pelihara Anjing Bisa Jadi Solusi!

Redakan Stress Saat Pandemi : Studi Ungkap Pelihara Anjing Bisa Jadi Solusi!
access_time 1 bulan yang lalu

Stress saat pandemi kemungkinan menjadi salah satu permasalahan yang banyak dihadapi masyarakat di berbagai dunia.

Menariknya dalam penelitian terbaru, disebutkan bahwa anjing peliharan memegang ‘kunci’ yang bisa membantu meredakan stress yang kerap muncul selama pandemi Covid-19.

Studi ungkap pelihara anjing bisa bantu redakan stress saat pandemi

Dilansir Medical News Today, para peneliti dari Nestlé Purina Research, Amerika Serikat melakukan studi obervasional terhadap para pemilik anjing selama pandemi.

Dalam studinya, mereka menganalisis efek pandemi pada keuangan, kesehatan, gaya-hidup, dan emosi para pemilik anjing.

Menariknya, anjing justru disebut bisa memberikan dukungan sosial bagi sang pemilik dan mengurangi berbagai gejala kecemasan.

Redakan Stress Saat Pandemi : Studi Ungkap Pelihara Anjing Bisa Jadi Solusi!

Pandemi Covid-19 menawarkan kesempatan unik untuk lebih memahami bagaimana anjing dapat menghadirkan dukungan sosial bagi pemiliknya. Mulai dari meredakan gejala stres, kecemasan, dan depresi yang meningkat, serta berkontribusi pada kebahagiaan,” tutur peneliti Francois Martin

Sebelum menyimpulkan hal itu, para peneliti lebih dahulu menganilisis data dari 768 pemilik anjing dan 767 calon pemilik anjing. Semua peserta wajib berusia 18 tahun ke atas dan calon pemilik merupakan mereka yang tertarik memelihara anjing di masa depan.

Melindungi pemilik dari dampak psikologis negatif

Kami menemukan bahwa pemilik anjing memiliki skor depresi yang jauh di bawah calon pemilik. Kendati demikian, kedua kelompok punya skor kecemasaan dan kebahagiaan yang sama,” lanjut Martin.

Faktanya, peneliti juga menyimpulkan bahwa memiliki anjing justru membantu si pemilik terlindung dari beberapa dampak psikologis negatif sebagai efek pandemi.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Staffordshire Bull Terrier 🐾 (@staffycuteness)

Bahkan di sisi lain, anjing juga dinilai mampu memberi dukungan positif kepada pemiliknya, terutama saat masa-masa sulit.

Meski begitu, peneliti menyebut studi ini memiliki batasan ‘tersendiri’ sehingga harus dilakukan lebih banyak lagi penelitian untuk melihat efek memelihara anjing terhadap stress dan depresi.

Coba yang pelihara anjing, gimana menurut lo? Gua sih jujur merasa terbantu banget dengan kehadiran ‘mereka’ di rumah. Kalau lagi pusing tinggal main sama mereka, sehabis itu feel better sih!

close

Redakan Stress Saat Pandemi : Studi Ungkap Pelihara Anjing Bisa Jadi Solusi!

Search
close