Ratu Elizabeth II Duduk Sendiri, Begini Upacara Pemakaman Pangeran Philip

Prince Philip's Coffin
access_time 3 bulan yang lalu

Seminggu setelah meninggalnya Pangeran Philip, kini Ratu Elizabeth II dan keluarga harus ucapkan selamat tinggal untuk selamanya. Pemakaman kerajaan ini berlangsung dengan mengikuti aturan pandemi COVID-19.

Prosesi ini berawal dari pemindahan peti mati Pangeran Philip dari Windsor Castle ke Kapel St. George dengan mobil Land Rover khusus yang juga ia rancang. Para anggota keluarga turut hadir untuk melayani suami ratu selama 73 tahun itu.

Pangeran Philip sudah merencanakan pemakamannya

The Duke of Edinburgh’s coffin, covered with his personal standard, is carried to a custom Land Rover hearse during his funeral at Windsor Castle on April 17, 2021.
Prosesi pemindahan peti mati sesuai permintaan Pangeran Philip (via Getty Images)

Pemakaman yang ‘no fuss‘ ini sesuai dengan permintaan dari Duke of Edinburgh itu. Philip meninggal pada usia 99 tahun 9 April lalu.

Untuk pemakamannya, Pangeran Philip sebelumnya sudah memilih pilihan musik, salah satunya adalah ‘Melita’ oleh J.B Dykes. Kelompok choir berisi empat orang pun menyanyikan himne ini.

Selain mobil yang ia turut rancang untuk membawa peti matinya, ia juga memastikan upacara pemakaman ini merefleksikan afiliasi militer dan pribadinya.

Peti mati Philip dihiasi dengan bendera, pedang, topi angkatan laut, dan serangkaian bunga yang ratu pilih secara personal sesuai dengan karakter Philip. Untuk ini, ratu memilih bunga lily, mawar-mawar kecil, freesia, dan lainnya.

Perpisahan Ratu Elizabeth II dengan suaminya

Ratu Elizabeth II terduduk sendirian di Kapel St. George, berduka kepergian suaminya
Ratu Elizabeth II terduduk sendirian mengikuti protokol (Via Getty Images)

Potret menyedihkan datang dari Ratu Elizabeth II yang terlihat duduk sendirian di Kapel St. George selama pemakaman. Sebelumnya, ia menaiki Bentley bersama seorang pendamping di awal prosesi pemindahan peti mati dari Kastil Windsor.

Foto ini makin menggambarkan suasana duka yang rakyat Inggris rasakan sekarang. Hampir sepanjang waktu, ratu menundukkan kepalanya saat pemakaman pasangan yang sudah menemaninya selama 73 tahun itu.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip
 Ratu dan Pangeran Philip du Nassau Clifford Park, Bahamas 1977 (AP/Kathy Willens)

Duka juga tertuang lewat media sosial

Meninggalnya suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip mendatangkan duka bagi rakyat Inggris dan banyak orang di media sosial. Salah satunya, tertuang lewat akun resmi Instagram keluarga kerajaan yang membagian video montage kehidupan Philip dengan ‘words by the Poet Laurante‘.

Lalu, akun Instagram Kensington Palace yang dimiliki oleh Pangeran William dan Duchess Kate juga membagikan foto-foto upacara pemakaman.

Baca juga:

close

Ratu Elizabeth II Duduk Sendiri, Begini Upacara Pemakaman Pangeran Philip

Search
close