Ragunan Bikin Lingkaran Piknik Untuk Antisipasi Kerumunan

Ragunan Bikin Lingkaran Piknik Untuk Antisipasi Kerumunan
access_time 5 bulan yang lalu

Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta bikin lingkaran khusus supaya pengunjung lebih tertata

Taman Margasatwa Ragunan biasa menjadi salah satu pilihan destinasi libur lebaran bersama keluarga.

Pengelola Ragunan membuat lingkaran khusus untuk orang-orang yang pergi berpiknik kesana. Tujuannya untuk menata para pengunjung dan meminimalisir kerumunan.

“Lingkaran itu untuk menjaga jarak antarpengunjung,” kata petugas Pelayanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, melansir dari CNN.

Harapannya lingkaran ini bisa membuat pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan dengan lingkaran yang berjarak setiap dua meter.

Hanya membuka 30 persen pengunjung

Selama masa libur lebaran, taman margasatwa seluas 147 hektare ini juga hanya membuka sekitar 30 persen. Jumlah ini mencapai sekitar 30 ribu orang dari rata-rata total jumlah kunjungan periode libur lebaran yang bisa mencapai 100 ribu orang.

“Kami ambil rata-rata estimasinya 30 persen dari kunjungan libur Lebaran itu jadi sekitar 30.000 orang,” kata Wahyudi.

Selama pandemi, berdasarkan data pengunjung, rata-rata wisatawan yang mengunjungi Ragunan mencapai 300 – 500 orang per harinya pada hari biasa. Sedangkan pada hari weekend, kunjungan wisatawan bisa mencapai 3000 – 7000 orang dan melonjak mencapai 25 ribu orang pada hari minggu.

Ribuan koleksi satwa

Taman Margasatwa Ragunan atau Ragunan Zoo memiliki koleksi sekitar 2.200 satwa, baik satwa endemik maupun luar Tanah Air.

Selain itu, kebun binatang ini juga dikenal dengan taman hutan hujan besar dengan pusat primata, gajah, sampai harimau sumatra. Juga menjadi jalan setapak teduh yang populer pada kalangan pelari.

Gak cuma itu, terdapat juga Taman Anggrek Ragunan yang menjadi area terbuka hijau publik dengan tanaman anggrek. Gerai-gerai santapan juga tersedia mulai dari pizza hingga kedai ramen, atau yang bernuansa lokal seperti nasi goreng kambing dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Jam operasional taman wisata edukasi ini buka mulai pukul 07.00 WIB hingga tutup loket pukul 14.00 WIB. Sejak pandemi, pengunjung yang mau masuk ke Ragunan kini harus memesan terlebih dahulu tiket secara daring pada bit.ly/PesantiketTMR. 

 

close

Ragunan Bikin Lingkaran Piknik Untuk Antisipasi Kerumunan

Search
close