Raben Tuangkan Cerita Pengembangan Diri Lewat Single “Lebih Baik”

access_time 1 tahun yang lalu

“Mudah merasa puas yang menghambat perkembangan diri.”

Muncul lagi musisi yang berhasil menunjukkan produktivitasnya selama pandemi ini dengan melahirkan karya baru. Panggil saja Raben, rapper asal Indonesia yang baru saja merilis lagu baru berjudul “Lebih Baik“.

Sebagai orang Indonesia pun, Raben memutuskan untuk menggunakan bahasa Indonesia di saat banyak rapper tanah air yang lebih memilih menggunakan bahasa Inggris dalam bercerita lewat lagu.

Cerita pengembangan diri

via Rendang Records

Sebagai seorang rapper, Raben berhasil mengangkat cerita yang dalam tentang kehidupannya sendiri. Ia berusaha menceritakan tentang manusia yang seringkali mudah merasa puas, namun justru kepuasan itu sendiri yang menahan seseorang untuk lebih berkembang.

Lewat pesan tersirat di dalamnya, Raben juga mengajak para pendengar untuk tidak mudah puas dan terpacu untuk mengembangkan diri dalam aspek apapun.

via Rendang Records

Sekolah bisa selesai, tapi kalau belajar itu ga pernah abis. Makanya jadi orang harus selalu belajar lebih baik.” tutur Raben.

Persiapan rilis EP “Brother Baik”

via Rendang Records

Kalau saat mendengarkan lagu “Lebih Baik“, lo sempat berpikir bahwa suaranya sedikit identik mirip Saykoji, tidak heran karena Raben adalah adik dari salah satu rapper ternama Indonesia itu. Walaupun begitu, ia punya karakter suara yang khas dan mampu memberikan warna yang berbeda dalam bernyanyi hip hop.

Dalam proses produksinya, adik dari Saykoji ini dibantu oleh Aji Radhyantomo atau yang akrab disapa INSLRTK. Dibantu juga dengan Alden Luhukay pada gitar dan Stanley Manuhutu pada drum, berhasil membawa “Lebih Baik” menghidupkan suasana hip hop/rap alternative.

Bersama Rendang Records, Raben berhasil merilis “Lebih Baik” pada 19 Juni 2020. Setelah meluncurkan single ini, Raben juga berencana untuk meluncurkan debut extended play (EP) berjudul “Brother Baik”.

_

Dengarkan single baru Raben, “Lebih Baik” di bawah ini.

close

Raben Tuangkan Cerita Pengembangan Diri Lewat Single “Lebih Baik”

Search
close