Puluhan Aplikasi di iOS Mengalami Crash, Ini Alasannya!

access_time 1 tahun yang lalu

Siapa di sini yang aplikasi di perangkat iPhone-nya mengalami crash?

Gue pun ikut merasakannya pada Jumat, 10 Juli 2020 sore kemarin. Saat membuka beberapa aplikasi seperti Spotify, Tokopedia, sampai Shopee, tiba-tiba kembali ke Home Screen dengan sendirinya.

Awalnya gue sempat bingung dan mengira kalau ini hanya karena error di perangkat iPhone gue. Ternyata ada beritanya kalau puluhan aplikasi iOS mengalami crash dan tidak pengaruh walaupun perangkat iPhone sudah di-restart.

Dan akhirnya gue menemukan penjelasan kenapa kemarin sore aplikasi banyak yang crash.

Ini Alasannya

via ZDNet

Dilansir dari MakeMac, crash-nya beberapa aplikasi di iOS disebabkan oleh Facebook SDK (Software Development Kit) yang error.

Tidak hanya beberapa orang saja, hal ini menimpa semua pengguna dengan aplikasi yang sama. Kebanyakan apliakasi yang mengalami crash adalah yang menggunakan fitur login menggunakan Facebook dalam berbagai aplikasi yang tersebar di iOS.

via Giphy

Melihat dari halaman resmi Facebook Developer, pihak mereka telah mengetahui munculnya masalah tersebut dari beberapa laporan yang masuk kepada mereka.

Mengetahui hal tersebut, mereka langsung berusaha menyelesaikan masalah tersebut untuk bisa segera diatasi.

Bagaimana solusinya?

via Giphy

Tapi kemarin tidak perlu menunggu lama, berbagai aplikasi yang crash dalam beberapa menit sudah bisa dibuka kembali.

Gue ada tips kalau misalkan hal ini terjadi lagi di perangkat iPhone lo.

Sebagai alternatif, lo bisa menggunakan aplikasi yang crash dalam Airplane Mode. Misalnya lo ingin mendengarkan lagu lewat Spotify, lo bisa membukanya tanpa menggunakan jaringan internet terlebih dahulu.

Namun untuk aplikasi yang memerlukan koneksi internet seperti aplikasi belanja online dan lain sebagainya, untuk saat ini belum ada solusi yang tepat jika hal seperti ini nantinya terjadi kembali.

close

Puluhan Aplikasi di iOS Mengalami Crash, Ini Alasannya!

Search
close