PUBG Mobile Dapat Kecaman dari Kuwait dan Arab Saudi, Kenapa?

access_time 1 tahun yang lalu

Akibat mode terbarunya, PUBG Mobile dapat kecaman dari para pemuka agama

Selama masa karantina ini, mungkin salah satu alternatif hiburan lo di rumah adalah bermain game online. Walaupun hanya dari rumah saja, tapi lo tetap bisa berinteraksi dengan orang lain lewat sebuah permainan.

Seperti game PUBG Mobile, yang menjadi game terpopuler untuk versi mobile. Setiap harinya, mungkin lo bisa melihat orang-orang di sekitar lo banyak yang memainkan game bergenre battle royale ini.

via Giphy

Nah PUBG Mobile baru saja meluncurkan update terbarunya, dimana Tencent sebagai developer dari game ini memberikan pengalaman baru bagi pemainnya di mode Mysterious Jungle. Mode terbaru ini langsung dicoba semua player untuk merasakan pengalaman baru dalam bermain PUBG Mobile.

Dikecam pemuka agama di Kuwait dan Arab Saudi

Via Istimewa
via Kincir

Tapi nampaknya peluncuran mode Mysterious Jungle ini tidak dianggap layak untuk dimainkan oleh semua orang. Beberapa pemuka agama di Kuwait dan Arab Saudi justru menentang keras terhadap mode terbaru ini.

Dilansir dari World Gulf, seorang profesor di College of Basic Education mengatakan bahwa mode ini sangat berbahaya bagi umat Islam. Hal ini dikarenakan ada unsur penyembahan yang menyimpang dan bisa mendoktrin Totemisme pada remaja dan anak-anak yang memainkan PUBG Mobile.

Map Mysterious Jungle Telah Hadir di PUBG Mobile | RevivaLTV
via Revival.TV

Kekhawatiran para ulama di Kuwait dan Arab Saudi mengacu pada mekanisme mendapatkan item dari Totem. Dalam mode tersebut, para pemain seperti memperagakan gerakan berdoa dan melakukan penyembahan untuk mendapatkan boostmedical kit, dan sebagainya.

Ahli agama di Universitas Syariah Kuwait, Dr Bassam Al Shatti mengatakan bahwa kecanduan dalam bermain game sangat berpotensi menanamkan ajaran yang menyimpang, terlebih dengan menunjukkan mode penyembahan seperti dalam Mysterious Jungle.

Tencent menanggapi kecaman tersebut

(PUBG Mobile) Mode Mysterious Jungle Dapat Kecaman dari Kuwait dan Arab Saudi
via Kincir

Setelah mendengar mode ini sedang menjadi kontroversi, pihak Tencent pun menyatakan permintaan maaf dan akan melakukan tindakan lebih lanjut pada mode tersebut. Kedepannya, Tencent juga akan menghapus konten yang menjadi kontroversi di Kuwait dan Arab Saudi.

Kami meminta maaf bahwa ada fitur di dalam game kami yang menyinggung beberapa pemain. Sebagai bentuk penghormatan terhadap nilai ajaran agama dan tradisi para pemain kami akan menghilangkan konten yang menjadi kontroversi.” kata pihak Tencent.

Buat lo yang penasaran gimana sih gameplay di mode Mysterious Jungle yang kontroversial ini, tonton video di bawah ini.

_

Apakah ada yang sudah mencoba mode Mysterious Jungle ini? Gimana pendapat lo?

close

PUBG Mobile Dapat Kecaman dari Kuwait dan Arab Saudi, Kenapa?

Search
close