PSBB Diperpanjang Karena Jumlah Kasus Covid-19 DKI Jakarta Terlalu Tinggi

PSBB Diperpanjang Karena Jumlah Kasus Covid-19 DKI Jakarta Terlalu Tinggi
access_time 1 tahun yang lalu

Kasus covid-19 DKI masih terlalu tinggi

Meroketnya jumlah kasus covid-19 di Jakarta akhirnya mendorong Pemerintah Provisi DKI Jakarta untuk memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada masa transisi fase pertama selama dua pekan.

Perpanjangan PSBB tersebut akan mulai berlaku dari tanggal 17 Juli sampai 30 Juli 2020.

Kami memperpanjang PSBB masa transisi yang pertama ini untuk dua minggu ke depan,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dalam siaran langsung di Metro TV, Kamis (16/7/2020).

“Jakarta belum aman…”

Hal tersebut diungkapkan oleh Riza.

Angka-angka juga belum membaik sebagaimana harapan kita semua,” pungkasnya.

Grafik kasus harian positif Covid-19 di Jakarta sampai 13 Juli 2020 yang cenderung menanjak pada masa PSBB transisi. (foto: tangkapan layar situs web corona.jakarta.go.id)

Hingga Kamis (16/7) lalu, jumlah kumulatif kasus positif covid-19 di DKI Jakarta mencapai 15.466 kasus. Dari jumlah tersebut, 9.857 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 722 orang meninggal dunia.

Kemudian, 777 pasien dari total kasus covid-19 masih dirawat di rumah sakit dan 4.110 orang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Hingga kini, jumlah kasus covid-19 DKI Jakarta pun masih meningkat. Hal itu terlihat dari grafik kasus harian covid-19 di situs web corona.jakarta.go.id.

冠狀病毒GIFs - Get the best GIF on GIPHY

Source: Giphy

Positivity rate mingguan DKI Jakarta lewati batas WHO

Data terbaru menunjukkan bahwa positivity rate harian di DKI Jakarta sebesar 10,5 persen. Perlu diketahui, positivity rate adalah rasio antara jumlah orang yang mendapat hasil positif lewat tes corona dengan total jumlah tes.

Selain positivity harian yang sempat tinggi, positivity mingguan pada pekan terakhir PSBB adalah 5,9 persen. Angka tersebut tentu mengkhawatirkan mengingat positivity rate yang disyaratkan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) adalah di bawah 5 persen.

Di pekan terakhir ini, positivity rate kita meningkat menjadi pekan ini 5,9 persen selama satu minggu ini. Jadi sudah lama kita ini di bawah 5 persen, tapi seminggu terakhir kita naik di atas 5 persen walaupun masih di bawah 6 persen tapi kita sudah di atas 5 persen,” kata Anies dalam tayangan di Akun Youtube Pemprov DKI, Kamis (16/7/2020).

Aktivitas luar dan dalam ruangan DKI juga dibatasi

Pemberlakuan perpanjangan PSBB berujung pada pembatalan pengoperasian layanan publik seperti bioskop, bowling dan biliar. Hal tersebut diumumkan beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, fasilitias bioskop, bowling dan kegiatan-kegiatan indoor lainnya pun harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Social Distancing GIFs - Get the best GIF on GIPHY

Physical distancing ftw (source: Giphy)

close

PSBB Diperpanjang Karena Jumlah Kasus Covid-19 DKI Jakarta Terlalu Tinggi

Search
close