Virus Corona Bikin Harga Tiket Pesawat Murah Banget, Berani Pergi?

access_time 2 tahun yang lalu

Wabah virus Corona benar-benar membuat semuanya jadi runyam, dari konser yang dibatalkan, gagalnya premiere film, hingga enggannya para turis untuk menyambangi negeri China karena virus tersebut.

Karena tidak adanya orang yang berlibur ke China lagi ditambah lagi penerbangan domestik China juga turun sangat pesat. Salah satu maskapai China mengalami kerugian besar, hingga maskapai China menawarkan tiket domestik seharga IDR 60.000 saja.

Image result for travel to china
Source: Adoption Travel

Melansir dari South China Morning Post, Jumat 28 Februari 2020 lalu, penerbangan dari Shanghai ke Chongqing, dengan jarak perjalanan 1.400 km, memberikan harga yang sangat murah, yaitu 29 Yuan atau sekitar IDR 60.000 oleh maskapai bertarif rendah terbesar di China, Spring Airlines. Penurunan harga yang drastis ini dilakukan untuk meningkatkan minat penerbangan domestik di tengah wabah virus Corona.

Tapi tidak hanya penerbangan domestik China saja yang turun drastis, harga tiket pesawat dari Jakarta ke Singapura kini jauh di bawah harga normal. Biasanya, harga tiket penerbangan ke negara tersebut bisa mencapai IDR 800.000-an hingga lebih dari IDR 1.000.000.

Namun setelah melakukan penelusuran harga tiket, tarif pesawat ke Singapura turun dalam ke kisaran IDR 200.000 bahkan sampai menjelang keberangkatan weekend yakni Kamis, 5 Maret 2020.

Tidak hanya itu, harga lebih anjlok lagi jatuh di angka IDR 150.000 untuk penerbangan Jakarta – Singapura pada pertengahan Maret.

Tidak hanya itu, penerbangan ke Jepang menggunakan Air Asia di bulan April mendatang menyentuh harga termurah higga IDR 458.000 saja jika dibandingkan biasanya yang merogoh kocek cukup dalam.

Tak hanya di luar negeri, di dalam negeri sendiri, Pemerintah juga merilis insentif bagi penerbangan untuk menangkal dampak penyebaran virus corona bagi sektor pariwisata. Banjir insentif ini secara konkret akan berbuah diskon tiket pesawat sampai 50%.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto menjelaskan bahwa diskon ini berlaku untuk semua penerbangan yang memiliki rute menuju 10 destinasi wisata, yaitu:

  1. Batam
  2. Denpasar
  3. Yogyakarta
  4. Labuan Bajo
  5. Lombok
  6. Malang
  7. Manado
  8. Silangit
  9. Tanjung Pandan
  10. Tanjung Pinang
close

Virus Corona Bikin Harga Tiket Pesawat Murah Banget, Berani Pergi?

Search
close