Pria Ini “Mendadak” Jadi Cepat Berhitung, Apa Rahasianya?

access_time 6 bulan yang lalu

Gara-gara tengkoraknya patah, pria ini jadi pandai matematika

Tidak bisa dipungkiri, hidup kita selalu dikelilingi oleh angka dan hitung-hitungan. Meskipun lo berusaha menghindari matematika, tapi keseharian lo tidak bisa luput dari angka.

Maka dari itu, ada kalkulator yang diciptakan untuk memudahkan hidup Lo. Dengan alat tersebut, semua hal berkaitan dengan angka bisa teratasi.

Nah, baru-baru ini ada seorang pria yang disebut manusia kalkulator. Kok bisa ya?

Neelakantha Bhanu Prakash, Manusia Kalkulator

via ANI

Seorang pria asal India bernama Neelakantha Bhanu Prakash dijuluki sebagai manusia kalkulator. Hanya dengan waktu 26 detik saja, ia bisa menjawab pertanyaan matematika yang sangat sulit.

Menurut Limca Book of Records (semacam Guiness World Records tapi di India), otak Bhanu mampu memproses angka dengan kecepatan rata-rata 12 per detik. Jika disandingkan, kemampuan otak Bhanu 10 kali lebih cepat  dari otak biasa.

Bhanu sendiri mengaku bahwa dirinya mampu membuat kalkulasi rumit seperti itu dengan sangat cepat. Tentunya lewat latihan yang terstruktur, namun hanya butuh waktu sebentar.

via The Week

Katakanlah saya sedang menghitung 8.763 dikalikan 8. Saya mungin akan mengalikan 8.000 dengan delapan yaitu 64.000, 700 dengan delapan menjadi 5.600, 60 kali delapan yaitu 480, tiga kali delapan adalah 24. Dan saya menambahkan semua ini. Namun, ini membutuhkan otak manusia untuk mengingat semua itu,” kata Bhanu.

Ia mengatakan, metode yang digunakannya sebenarnya mirip metode yang umum. Namun tentunya berkaitan dengan pengoptimalan otak. Meski begitu, Bhanu tidak mau disebut anak ajaib.

Tapi siapa sangka kalau kemampuan menghitung cepatnya ini bermula ketika cedera yang hampir mengancam jiwanya?

Tengkoraknya Pernah Patah

via Caping

Tahun 2005 saat Bhanu berusia 5 tahun, ia pernah jatuh dari skuter karena ditabrak truk. Kepala yang terbentur aspal membuat tengkoraknya patah dan mendapatkan 85 jahitan di kepalanya.

Kecelakaan itu mengubah cara saya mendefinisikan kesenangan, dan itulah alasan mengapa saya ada di sini hari ini,” katanya.

Selama masa pemulihan, Bhanu belajar main catur dan mencoba memecahkan teka-teki supaya otaknya tetap aktif. Begitu juga dengan latihan matematika yang membuatnya dijuluki manusia kalkulator.

Uniknya, kepala Bhanu memang meninggalkan bekas luka yang terlihat jelek. Untuk mengatasi hal tersebut, ibunya menghilangkan semua cermin di rumahnya selama setahun supaya perasaan Bhanu tetap terjaga.

Prestasi Bhanu

via Neelakantha Bhanu Prakash

Sejak saat itu, Bhanu telah berhasil meraih berbagai penghargaan. Ia pernah mendapat kategori terbuka di National Speed Arithmetic Competition di India pada 2011 lalu.

Kemudian ia telah memecahkan empat rekor dunia, yaitu sebagai manusia penghitungan tercepat, kekuatan perkalian, pengurangan super, dan matematika mental.

Ia juga memecahkan 50 rekor Limca, sejak saat itu ia selalu dibanding-bandingkan dengan ahli matematika di India, Shakuntala Devi.

_

Gimana pendapat lo tentang kemampuan Bhanu?

close

Pria Ini “Mendadak” Jadi Cepat Berhitung, Apa Rahasianya?

Search
close