Pria Ini Buktikan 6 Jenis Masker yang Paling Efektif, Mana yang Paling Bagus?

access_time 1 tahun yang lalu

Mencari tahu masker mana yang paling efektif digunakan di tengah pandemi ini

Memakai masker sudah menjadi kewajiban baru bagi setiap orang untuk menggunakannya. Bahkan sekarang ini, jika tidak menggunakan masker saja bisa dikenakan sanksi.

Berbagai masker telah diciptakan, mulai dari masker medis sampai masker kain yang menjadi solusi baru untuk mengatasi pembelian masker berulang. Tapi sebagai orang awam, kita kurang mengetahui masker seperti apa yang paling efektif untuk membantu lo terhindar dari penyebaran virus.

Pria Ini Buktikan Masker yang Paling Efektif

@vihannce08

Understanding the differences of face mask. #coronavirüs #covid #facemask #mask #fyp #n95 #coppermask #zyxcba

♬ Coronavirus Check – 7eer

Untuk menjawab hal itu, ada seorang pria yang videonya viral di TikTok. Ia berusaha mencari tahu jenis masker apa yang paling efektif untuk menangkal virus.

Bernama Vince Limbaring Dizon dengan akun @vihannnce08, pria asal Filipina ini membuat video dengan menggunakan berbagai macam jenis masker dan meniup dari dari korek yang ia pegang. Kemudian ia berusaha meniup api tersebut dalam keadaan menggunakana masker.

Dalam video tersebut, ia menggunakan enam jenis masker. Masker dari kaos, masker kain, masker bedah, dua jenis masker N95, dan masker tembaga.

Tidak Pakai Masker

via TikTok / @vihannnce08

Ketika Vince tidak menggunakan masker, tentunya api yang ditiupnya langsung mati.

Masker dari Kaos

via TikTok / @vihannnce08

Kedua, ia menggunakan masker dari kaos yang diikat di depan mulut dan hidungnya. Saat ia menggunakan masker dari kaos, api masih bisa mati, artinya masih kurang efektif.

Masker Kain

via TikTok / @vihannnce08

Ketika ia menggunakan masker kain yang dibuatnya sendiri, api masih tetap bisa mati. Walaupun terlihat kokoh, namun masker kain masih terbilang kurang efektif.

Masker Medis

via TikTok / @vihannnce08

Masuk ke masker medis, ia mencoba meniup api tersebut dan cukup sulit untuk meniupnya. Artinya udara dari dalam masker sudah mulai sulit keluar untuk meniup api.

Masker N95

via TikTok / @vihannnce08

Sepertinya masker ini yang terlihat sangat efektif. Terbukti saat ia menggunakan masker N95, api tidak bisa padam walaupun sudah ditiup dengan kencang.

Masker 3M VFLE N95

via TikTok / @vihannnce08

Masker ini juga tidak mampu memadamkan api meskipun sudah ditiup dengan kencang.

Masker Tembaga

via TikTok / @vihannnce08

Masker ini juga mampu menahan udara sehingga api tidak bisa padam walaupun ditiup.

_

Dengan melihat api yang tidak bisa padam ketika ditiup lewat berbagai masker, menandakan bahwa masker ini cukup efektif untuk menangkal virus.

Video dari Vince sudah ditonton lebih dari 3,7 juta kali di TikTok. Gimana pendapat lo?

close

Pria Ini Buktikan 6 Jenis Masker yang Paling Efektif, Mana yang Paling Bagus?

Search
close