Prediksi Asteroid Bakal Hantam Bumi, Harus Ngungsi Kemana?

Prediksi Asteroid akan Hantam Bumi
access_time 3 bulan yang lalu

Para ahli luar angkasa prediksi Asteroid yang bakal menabrak Bumi bisa menyebabkan krisis pengungsian. Krisis yang muncul dari kejadian tersebut mengharuskan warga Eropa dan Amerika beramai-ramai mengungsi ke Asia, Timur Tengah, dan Pasifik.

Mengutip Daily Star, para ahli bakal berkumpul untuk merancang rencana jika Asteroid benar-benar akan menghantam Bumi. Karena, krisis pengungsian bukan satu-satunya yang bakal terjadi, tapi ada juga sederetan krisis hak kemanusiaan.

Prediksi asteroid tabrak Bumi, para ahli berkumpul

Prediksi Asteroid akan hantam Bumi
Image: Getty Images

Bulan ini, pertemuan Planetary Defense Conference bakal berlangsung di Wina tanggal 26 – 30. Para ahli luar angkasa harus putar otak tentang bagaimana rencananya jika benda asing itu benar-benar membahayakan planet kita ini.

Salah satu kelompok yang juga terlibat dalam konferensi ini adalah Planetary Society, sebuah organisasi yang bekerja dengan komunitas ilmiah. Mereka juga merupakan decision makers yang tujuannya: “Mengurangi risiko Terbenturnya Bumi oleh Asteroid atau Komet.

Pertemuan ini berguna tidak hanya untuk menyusun persiapan antisipasi dampak awal, tetapi juga dampak krisis hak asasi manusia.

Skenario terbenturnya Bumi oleh Asteroid

Prediksi Asteroid menghantam Bumi
Image: Planetary Defense Conference / Google Earth

Dalam skenario ini, Asteroid akan ditemukan pada 21 April. Lalu, sistem pemantauan dampak akan mengidentifikasi 20 Oktober 2021 sebagai tanggal dampak potensial. Ini berarti, Bumi cuma punya waktu enam bulan untuk menyusun rencana.

Saat mereka melanjutkan rencana, situasi jadi makin serius. Karena, mereka menemukan bahwa asteroid yang bergerak menuju Bumi berukuran sekitar 35 meter dan 700 meter.

Pada simulasi konferensi, prediksi Asteroid 2021 PDC akan menghantam Eropa, Amerika Utara, dan sebagian dari Afrika. Sedangkan, sebagian besar Asia termasuk Indonesia dan daerah Pasifik lainnya berada di luar area hantaman.

Akibat hantaman Asteroid

Prediksi Asteroid tabrak Bumi bisa menyebabkan krisis pengungsian
Hantaman Asteroid ke Bumi bisa menyebabkan krisis pengungsian (via Getty Images)

Planetary Society menyebutkan, bahwa tabrakan di kota-kota padat penduduk bisa menyebabkan jutaan kematian. Sementara itu, tabrakan di daerah perairan akan menyebabkan banjir besar.

Mengutip Daily Star, berita tentang Asteroid yang akan datang ke Bumi ini bisa saja memicu kepanikan massal dan upaya relokasi ke bagian ‘aman’ planet ini.

Untuk beberapa golongan orang kaya, mereka dengan mudah bisa merelokasi diri sendiri. Tapi bagi orang-orang biasa, hal ini belum tentu bisa mereka jalankan.

Baca juga:

close

Prediksi Asteroid Bakal Hantam Bumi, Harus Ngungsi Kemana?

Search
close