Perusahaan ini Minta Facebook Bayar Rp287 Miliar Gara-Gara Nama ‘Meta’-nya Dipakai!

Perusahaan ini Minta Facebook Bayar Rp287 Miliar Gara-Gara Nama 'Meta'-nya Dipakai!
access_time 3 minggu yang lalu

Nama ‘Meta’ ternyata sudah ada yang pakai duluan!

Baru-baru ini dunia maya heboh dengan berita tentang Facebook Inc. yang resmi mengganti namanya jadi Meta Platforms Inc. untuk bergerak ke visinya membangun metaverse.

Dari situ, Kata ‘Meta‘ pun jadi merek dagang untuk perusahaan yang menaungi berbagai media sosial tersebut.

Namun ternyata, nama yang singkat dan padat itu sudah ada yang menggunakan terlebih dahulu sebagai trademark. Perusahaan tersebut adalah Meta PC LCC yang menawarkan produk-produk komputer, laptop,  tablet, software, dan produk lainnya terkait teknologi.

Meta PC mita Facebook bayar Rp287 miliar untuk namanya

Perusahaan ini Minta Facebook Bayar Rp287 Miliar Gara-Gara Nama 'Meta'-nya Dipakai!
via ReplyGif

Meta PC berdiri pada November 2020. Perusahaan kecil tersebut kini baru memiliki sekitar 25 orang karyawan.

Nama ‘Meta’ sendiri sudah mereka ajukan sebagai trademark ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) pada Agustus 2021, melansir TMZ.

Pendiri Meta PC, Zack Shutt fan Joe Darger bilang mereka ersedia mundur dari pegnajuan tersebut, asal Facebook membayar uang senilai US$20 juta, atau sekitar Rp287 miliar.

Walau sekilas terlihat sangat besar, perusahaan milik Mark Zuckerberg itu bisa saja harus membayar dana yang lebih besar kalau permohonan trademark itu USPTO kabulkan.

Mending bertukar nama?

Walau mereka masih merupakan perusahaan kecil, melawan perusahaan raksasa FacebookMeta PC bahkan masih bisa punya guyonan mengenai perkara ini.

Akhir Oktober lalu, akun resmi perusahaan tersebut pun membuat video candaan yang menirukan cara Mark Zuckerberg mengumumkan nama baru perusahaannya.

Dalam video tersebut, founder Zack Shutt mengatakan, “Untuk merefleksikan siapa diri kamu dan apa yang ingin kami bangun, saya dengan bangga mengumumkan bahwa kami sekarang bernama Facebook.

Bagaimanapun, kesamaan nama ini membawa berkah bagi perusahaan yang masih merintis itu, dari segi makin banyaknya audiens di media sosial Meta PC.

Baca juga:

close

Perusahaan ini Minta Facebook Bayar Rp287 Miliar Gara-Gara Nama ‘Meta’-nya Dipakai!

Search
close