Peringati World Mental Health Day 2020, Menjadi Manusia dan Maika Collective Berkolaborasi Lewat “Akar Jiwa Manusia”

Peringati World Mental Health Day 2020, Menjadi Manusia dan Maika Collective Berkolaborasi Lewat "Akar Jiwa Manusia"
access_time 10 bulan yang lalu

Kampanye digital Menjadi Manusia dan Maika Collective untuk peringati World Mental Health Day

Memperingati World Mental Health Day 2020, Menjadi Manusia berkolaborasi dengan Maika Collective untuk mengaggas kampanye digital bertajuk ‘Akar Jiwa Manusia‘. Adapun kampanye tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat soal pentingnya masalah kesehatan.

Selain itu, kampanye tersebut juga akan memberikan nilai edukatif tentang cara menerima, dan menghadapi gangguan kesehatan mental.

Akar Jiwa Manusia terbagi dalam tiga fase

Adapun kampanye digital Akar Jiwa Manusia terbagi dalam tiga fase

  • Fase pertama adalah ‘Menyadari’

Tahap ini sudah dibuka sejak 10 Oktober 2020, para masyarakat diajak untuk mengirimkan video pribadi tentang menjaga kesehatan mental di tahun 2020 yang penuh ketidakpastian.

Video-video terpilih nantiknya akan dirangkai dalam sebuah manifest video dan dipublikasikan di microsite akarjiwa.com. Selain itu ada pula sesi ‘Visual Experience : Merasa yang Dirasa‘. Sebuah acara yang akan mengundang tiga individu ke dalam ruangan simulasi, lengkap dengan audio serta visual yang menggambarkan benak seorang penyandang gangguan kesehatan mental seperti ADHD, Bipolar dan OCD.

Lewat microsite itu orang bisa saling membagikan cerita, berkonsultasi bahkan mencari rujukan untuk mendapatkan bantuan dari profesional.

  • Fase kedua adalah Mengakui

Fase ini berlangsung selama 19 sampai 23 Oktober. ‘Mengakui’ akan mempresentasikan Self & Life Partner, Self & Social Environment, serta Self & Family melalui video musik lewat “Untuk Apa / untuk apa?” karya Hindia dan beberapa artis yang akan dikemas dalam video musik yang naratif.

  • Fase ketiga adalah Memulihkan

Fase ketiga berjalan dari 26 sampai 30 Oktober. Pada fase ini, pertama-tama memulihkan akan mengajak orang yang pernah ke psiokolog untuk membagikan cerita dan pengalaman mereka lewat “First Psychologist Session“. Kemudian akan ada sesi “Deep Listening” yang menghadirkan video motion edukatif mengenai pentingya mendengarkan. Setelah itu fase ketiga akan ditutup dengan sesi “Sound Bathing“, di mana akan ada orang-orang yang belum pernah merasakan pengalaman sound bathing untuk bermeditasi bersama seorang ahli secara gratis.

Kampanye tersebut juga akan diramaikan berbagai aktivitas online seperti Instagram Live bersama Mikha Angelo pada 9 Oktober 2020. Kemudian ada juga Dr. Jiemy pada 30 Oktober. Selain itu ada pula sesi Live Tweet bersama Naajmi Wicaksono, seorang penyitas Bipolar Disorder, pada 10 Oktober. Sementara pada tanggal 31 Oktober akan ada sesi bersama Nago Tejena, seorang Psikolo Klinis.

Selain itu selama bulan Oktober, Menjadi Manusia juga akan menghadirkan konten seputar kesehatan mental lewat kanal YouTube, Podcast dan Situs Web.

Lewat kampanye ini, Menjadi Manusia dan Maika Collective berharap agar isu kesehatan mental di Indonesia bisa terlepas dari stigma negatif. Di mana kesehatan mental bisa disejajarkan prioritasnya dengan kesehatan fisik.

close

Peringati World Mental Health Day 2020, Menjadi Manusia dan Maika Collective Berkolaborasi Lewat “Akar Jiwa Manusia”

Search
close