Pergi Ke Luar Angkasa, Astronot Ini Dengar Suara Ketukan Misterius!

Horor, Astronot Ini Dengar Ketukan Misterius di Luar Angkasa!
access_time 1 tahun yang lalu

Sang astronot mendengar ketukan pada banda roket yang ia tumpangi

Pergi ke luar angkasa tahun 2003 silam, Yang Liwei, seorang astronot China harus menjalani pengalaman yang menyeramkan. Bagaimana tidak, dia mengaku terus mendengar suara ketukan misterius pada roket yang ia tumpangi.

Saat itu ia mengaku kalau suara ketukan itu seperti sebuah benda keras atau palu. Yang Liwei kemudian membagikan kisah horror ini pada sebuah wawancara dengan BBC. Yang sendiri sempat mencoba melirik ke luar untuk melihat apa atau siapa yang mengetuk badan roket.

Namun ternyata dia tidak melihat apapun yang bisa menjelaskan dari mana datangnya suara misterius tersebut. “Suara itu tidak datang dari luar, maupun dari dalam pesawat luar angkasa,” pungkas Yang.

Apa suara yang didengar Yang? Ini penjelasan ilmiah

Pada dasarnya, kehampaan luar angkasa membuat suara seharusnya tidak berjalan (terdengar). Perjalanan ke luar angkasa diyakini akan berjalan sangat sunyi. “Gelombang udara membutuhkan media untuk bisa bergerak, entah itu partikel udara, air, logam atau atom,” tutur Prof. Goh Cher Hiang dari National University of Singapore.

Jika itu adalah ketukan, mungkin saja ada benda yang secara fisik menabrak pesawat yang membawa astronto tersebut,” lanjutnya meski mengatakan hal itu sangatlah spekulatif.

Pergi ke luar angkasa tahun 2003 silam, Yang Liwei, seorang astronot China harus menjalani pengalaman yang menyeramkan. Bagaimana tidak, dia mengaku terus mendengar suara ketukan misterius pada roket yang ia tumpangi.
Pergi Keluar Angkasa, Yang Liwei dengar suara ketukan misterius // via Tribun Jateng

Prof. Wee-Seng Soh, rekan kerjanya justru mengungkapkan kemungkinan lain. “(Surara itu) hasil dari eskpansi atau kontraksi peswat luar angkasa. Khususnya ketika temperatur bagian luar pesawat dapat berubah drastis ketika memasuki orbit,” tutur Prof Wee-Seng Soh.

Meski demikian ternyata ada beberap astronot China yang juga mengaku mendendar suara yang mungkin mirip. Sampai saat ini kejadian misterius yang dilaporkan sekitar tahun 2005 sampai 2008 belum mendapatkan jawaban pasti.

Pengalaman menyeramkan juga pernah di alami beberapa astronot NASA yang pergi ke luar angkasa

Menariknya, NASA juga pernah melaporkan hal serupa. Di tahun 1969, astronot NASA yang sedang menjalankan misi ke bulan mendengar suara yang ‘sangat’ menyeramkan.

Meski demikian NASA beragumen bahwa suara tersebut berasal dari interfensi radio, bukan suara Alien seperti banyak isue yang beredar. Pada 2016 lalu, NASA juga merilis suara yang direkam pesawat luar angkasa yang diambil oleh pesawat bernama JUNO yang sedang mengorbit planet Jupiter.

Ngeri bet, pasti kan hening tuh di sana. Pas terus ada suara, fix merinding. Mana gak bisa kabur kan?
close

Pergi Ke Luar Angkasa, Astronot Ini Dengar Suara Ketukan Misterius!

Search
close