Perampokan Bermodus Mematikan Listrik, Ikuti Tips Ini Agar Terhindar!

Waspadai Perampokan Bermodus Mematikan Listrik, Ikuti Tips Ini Agar Terhindar!
access_time 1 tahun yang lalu

Marak terjadi belakangan ini, modus pencurian dengan cara mematikan aliran listrik.

Hal tersebut dilakukan oleh pelaku agar memancing pemilik rumah untuk keluar dan mengecek keadaan, namun begitu si pemilik rumah keluar, maka para pelaku siap menghadang dan menjalankan operasinya!

Perampokan dengan modus ini salah satunya sempat terjadi di Perumahan Citra Dua, Kalideres Jakarta Barat. Dini hari, saat sedang tertidur pemilik rumah terbangun karena aliran listrik di rumahnya terputus alias mati, dirinya terbangun dan curiga saat melihat listrik tetangga masih menyala sementara rumahnya mati. Saat keluar untuk mengecek meteran dan menyalakan kembali, ternyata korban langsung dihadang oleh pelaku.

Korban membela diri dan kemudian tersayat senjata tajam di bagian tangan, melihat hal tersebut lantas pria berusia 65 tahun tersebut pura-pura pingsan dan pelaku pun kabur.

Sampai berita ini diturunkan, pelaku masih dalam buruan polisi, menanggapi hal tersebut USS Feeds berbagi tips agar tetap waspada dan dapat terhindar dari modus ini, yuk dimulai ;

Jangan langsung keluar untuk mengecek meteran!

Langkah pertama saat listrik dipadamkan adalah untuk tidak panik dan tetap tenang, cobalah mengintip dan memastikan kondisi listrik tetangga terdekat.

Kalau memang hanya listrik di rumah yang pada, maka tidak usah hiraukan dan segera hubungi kerabat terdekat untuk meminta pertolongan.

Perlu diingat, pelaku mematikan alur listrik untuk memancing pemilik rumah keluar.

Selain mematikan aliran listrik, ada juga ‘tangisan suara bayi’

Beberapa laporan juga menjelaskan kalau korban bisa saja mendengar suara tangisan bayi dari luar rumah sesaat setelah listrik dipadamkan, namun suara tersebut bukanlah bayi asli melainkan suara rekaman dari HP pelaku.

Sama halnya dengan mematikan aliran listrik, suara bayi juga bertujuan membuat panik.

Listrik, suara bayi dan kemudian keran air

Jika dua modus di atas gagal, cara berikutnya yang akan dicoba oleh para pelaku adalah menyalakan keran air. Terutama jika keran air ada diluar rumah dan dapat dijangkau oleh pelaku, namun jika lo mendapati air keran menyala secara mendadak, tetap tenang dan jangan terpancing keluar.

Memantau rumah korban sebelun beraksi

Biasanya pelaku melakuan ‘survey’ terlebih dahulu pada rumah calon korban, oleh karena itu jika dalam beberapa hari ada sosok mencurigakan yang mondar-mandir di area rumah lo, segera laporkan pada pihak keamanan setempat jika ada dan juga kepada RT.

Itu tadi beberapa tips agar lo terhindar dan tau bagaimana cara mengatasi pencurian dengan modus mematikan aliran listrik.

Selalu waspada yah guys! Stay Safe and stay home ๐Ÿ™‚

close

Perampokan Bermodus Mematikan Listrik, Ikuti Tips Ini Agar Terhindar!

Search
close