Pengunaan Kantong Plastik Di Jakarta Resmi Dilarang!

access_time 2 tahun yang lalu

Gubenur Jakarta, Anies Baswedan akhirnya menandatangani larangan penggunaan kantong plastik di Jakarta. Sebelumnya penggunaan kantong plastik ini masih simpang siur kejelasanya, karena sebagian besar supermarket masih menggunakan dan mencharge biaya IDR200,-/plastik ke customer.

Peraturan larangan penggunaan kantong plastik ini tercatat dalam Pergub Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat. Peraturan tersebut masih dalam tahap sosialisai dan resmi akan berlaku paling lambat 6 bulan, yang berarti kurang lebih bulan Juli 2020.

Dinas Lingkungan Hidup nantinya akan memberikan sanksi bagi pengelola pusat perbelanjaan jika salah satu dari ‘tenant‘ kedapatan masih menggunakan kantong plastik. Hal ini tentunya menjadi salah satu kinerja positif Anies Baswedan sebagai Gubenur Jakarta.

Larangan penggunaan kantong plastik ternyata juga ternyata berlaku di Bangkok, dan uniknya banyak foto yang beredar dan menjadi viral di sosial media, nih liat deh.

Larangan Penggunaan Kantong Plastik di Bangkok

Nah foto – foto diatas dijamin bikin ketawa sebagian besar orang yang melihatnya, masyarakat yang tinggal di Bangkok begitu kreatif menggunakan benda unik sebagai pengganti kantong plastik. Mulai dari yang menggunakan jemuran, trolley semen sampai rubber cone yang biasanya menjadi marka jalan.

Biarpun terlihat konyol, hal ini mungkin bisa juga menjadi ide bagi warga Jakarta yang ingin ‘menyelamatkan‘ bumi dan mengurangi penggunaan plastik dengan gaya yang nyeleneh dan dijamin akan auto viral. Tim USSfeed akan memberikan alternatif untuk menggantikan kantong plastik.

Alernatif Pengganti Kantong Plastik

Dengan adanya peraturan larangan penggunaan kantong plastik, dapat dipastikan bahwa customer akan menjadi sedikit lebih ‘repot’ dalam mengurus dan membawa barang belanjaannya. Akan tetapi sebenarnya banyak cara untuk menangani masalah ini, nah ini beberapa alternatifnya.

Tote Bag

Salah satu yang paling mudah ditemukan adalah Tote Bag, dimana item ini sudah begitu familiar dikalangan masyarakat, tidak perlu mengeluarkan kocek yang terlalu banyak untuk membeli Tote Bag. Sudah banyak market place online yang juga menjual produk ini. Jika lo ingin tote bagnya berbeda, mungkin bisa mencoba mengikuti tautan berikut. Selain ramah lingkungan, penggunaan tote bag juga akan membuat lo terlihat lebih keren.

Langkah pelarangan penggunaan kantong plastik ini ternyata banyak mendapat respon positif dari netizen di Jakarta, apakah lo juga merasa puas dan senang dengan keputusan ini?

close

Pengunaan Kantong Plastik Di Jakarta Resmi Dilarang!

Search
close