Pengisi Suara Shizuka Meninggal Dunia

Penguasa Suara Shizuka Meninggal Dunia
access_time 1 tahun yang lalu

Prabawati Sukarta adalah pengisi suara pertama yang memerankan karakter Shizuka

Dirilis pertama kali pada tahun 1969, Doraemon berhasil jadi bagian dari masa kecil banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia. Namun tak seperti biasanya, kali ini justru kabar duka datang dari Nobita dkk. Pengisi suara karakter Shizuka, yakni Prabawati Sukarta, meninggal dunia hari Senin (15/6/2020) lalu.

Kabar ini dikonfirmasi oleh pengisi suara Suneo, Santoso Amin. Menurutnya, Prabawati Sukarta meninggal dalam usia memasuki 64 tahun.

Iya, beliau meninggal Senin (15/6) malam. Di kediamannya di Bekasi,” ujar Santoso, dilansir dari Kumparan.

View this post on Instagram

Dubber "Shizuka" Prabawati Sukarta Dalam Serial Dora Emon Meninggal Dunia. Innalillahi wa innailaihirojiun. Kabar duka datang dari keluarga besar Radio Republik Indoneisa (RRI). Salah satu penyiar RRI era 1980an bernama Prabawati Sukarta meninggal dunia. Kabar duka ini pertama kali disampaikan melalui sang anak, Ady Aiman. Prabawati Sukarta dikabarkan tutup usia pada Senin (15/6/2020) malam. Prabawati Sukarta merupakan mantan penyiar pada RRI Jakarta. Ia juga sebagai salah satu pengisi suara (dubber) tokoh kartun, Shizuka pada film serial Doraemon. Pengisi suara Shizuka pernah mengalami 4 kali pergantian. Dubber pertama kali adalah Prabawati Sukarta, kemudian pada tahun 2006 diganti oleh Nurul Ulfah hingga tahun 2008. Kemudian digantikan @risa_chandra atau Merysha Chandra. Setelah itu baru diganti oleh Jessy Milianty hingga saat ini. Tetapi dalam film Doraemon “Stand By Me”, suara Shizuka diisi oleh Nurul Ulfah. Keluarga besar Indonesian Voice Talent turut berduka cita atas meninggalnya Prabawati Sukarta. Semoga almarhumah husnul khotimah. . . . #indonesianvoicetalent #dubber #jualsuara #ivot #pengisisuara #voiceover #betadine #masker #voiceoverindonesia #voiceoverindonesia #voiceovertalent #voicetalent

A post shared by INDONESIAN VOICE TALENT (@indonesianvoicetalent) on

Kepergian Prabawati Sukarta pun menjadi kabar duka untuk para voice talents di Indonesia.

Prabawati Sukarta merupakan mantan penyiar pada RRI Jakarta. Ia juga sebagai salah satu pengisi suara (dubber) tokoh kartun, Shizuka pada film serial Doraemon,” tulis Indonesian Voice Talent di laman Instagramnya.

Deretan pengisi suara Shizuka

Prabawati adalah pengisi suara pertama yang memerankan karakter Shizuka. Namun pada tahun 2006 hingga 2008, posisi Prabawati digantikan dengan pengisi suara lain bernama Nurul Ulfah.

Shizuka Minamoto | Doraemon Wiki | Fandom

Source: Doraemon Fandom

Bukan cuma Prabawati dan Nurul Ulfah, karakter Shizuka juga sempat diperankan oleh pengisi suara lain yakni Meysha Chanda dan Jessy Milianty yang jadi pengisi suara Shizuka hingga kini.

Shizuka, karakter

Dengan nama asli Shizuka Minamoto, karakter tersebut merupakan salah satu karakter original serial “Doraemon” dan merupakan sosok teman Nobita.

Sosoknya sempat muncul di film “Stand By Me” dan menjadi istri Nobita di masa depan.

Stand by Me Doraemon | Doraemon Wiki | Fandom

Manga Doraemon pertama kali diterbitkan pada 8 Agustus 1969 dan masih terus diproduksi hingga kini.

Kisah Doraemon pun diadaptasi menjadi anime dan ditayangkan pertama kali pada 1 April-30 September 1973. Serial ini pu dilanjutkan kembali ke musim berikutnya pada 2 April 1979 hingga 18 Maret 2005 dengan total episode mencapai 1.787, plus 30 episode spesial.

close

Pengisi Suara Shizuka Meninggal Dunia

Search
close