close

Pemprov DKI Jakarta Membeli Robot Pemadam Kebakaran

By Ghesa Gafara
access_time 6 bulan yang lalu Comments

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kini semakin melek akan tenologi dan semakin canggih semenjak memiliki sebuah robot pemadam kebakaran. Menurut situs web lpse.jakarta.go.id, harga satu unit alat yang dibeli dari Kroasia dibanderol dengan harga Rp37,4 miliar.

Melansir dari Kompas, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Satriadi Gunawan menyatakan robot yang dibeli tahun 2019 tidak hanya sekedar mahal, tetapi robot tersebut juga memiliki kemampuan khusus.

Dalam satu unit, dalam satu mobil itu ada berapa robotik dan ada peralatan rescue lainnya, jadi paket, makanya mahal itu. Jadi bukan satu robotik, di dalam mobil itu ada 2-3 robotik,” kata Satriadi pada Kompas, Selasa 21 Februari 2020 lalu.

Image result for Dok-Ing MVF- U3
Source: Kumparan

Satriadi juga menambahkan, bahwa orang-orang akan menilai wajar harganya sangat mahal setelah melihat alat dan material yang dipakai oleh robot kebakaran itu secara langsung.

Satriadi menjelaskan tujuan dari dibelinya robot tersebut agar dapat memprioritaskan keselamatan para petugas pemadam kebakaran. Kemudian pengadaan robot ini juga dilakukan untuk menunjang keselamatan Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rail Transit (LRT)

Kita kan dalam menghadapi LRT dan MRT harus memiliki peralatan yang memadai untuk menanggulangi kebakaran atau penyelamatan. Dan kita juga bisa lakukan untuk membersihkan gorong-gorong juga,” katanya

Seberapa Canggih Robot Ini?

Robot pemadam kebakaran asal Kroasia yang bernama Dok-Ing MVF- U3 itu juga multifungsi, Seperti:

  1. bisa digunakan untuk aksi antiteror,
  2. penanggulangan kebakaran yang diakibatkan oleh pabrik nuklir dan penambangan,
  3. serta penanggulangan pascabencana seperti gempa bumi.

Saksikan demo dari robot pemadam kebakan ini di atas.

Selain itu, robot ini juga bisa dioperasikan dengan menggunakan remote control dengan jarak antara remote dengan robotnya maksimal 1,5 kilometer. Pada badan robot terdapat sembilan kamera yang siap memantau dari segala arah.

Robot itu mampu menahan api dan ledakan serta dapat menampung sebanyak 2500 liter air dan 500 liter busa. Jangkauan semprot air mencapai 55 meter dan air busa 45 meter. Robot tersebut juga mampu mengangkat beban sebesar 2 ton, menarik beban seberat 6 ton serta mendorong beban hingga 10 ton.

Dari penjelasan yang ada robot ini tentu sangat canggih, tapi apakah akan seefektif itu saat digunakan nantinya? We’ll see

close

Pemprov DKI Jakarta Membeli Robot Pemadam Kebakaran