Pemerintah Perpanjang PPKM Saat Kasus Menurun, Begini Peraturannya

Pemerintah Perpanjang PPKM Saat Kasus Menurun, Begini Peraturannya
access_time 1 bulan yang lalu

Jangan bosan, lagi-lagi pemerintah harus perpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Masih untuk menekan penyebaran virus Covid-19 di sejumlah daerah Jawa dan Bali, kali ini PPKM harus berlanjut sampai 30 Agustus 2021.

Gimana peraturannya kali ini? Check ‘em out!

Pemerintah perpanjang PPKM, kasus Covid-19 sudah menurun

Pemerintah Perpanjang PPKM Sampai 30 Agustus, Begini Peraturannya
via Giphy

Selama lima pekan terakhir perpanjang PPKM, pemerintah sudah menerapkan level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali. Kali ini, ada beberapa daerah yang turun level, yaitu dari level 4 ke level 3.

Untuk itu pemerintah memutuskan mulaii 24 hingga 30 Agustus beberapa daerah bisa turun levelnya dari 4 ke 3,” kata Jokowi, Senin, 23 Agustus.

Dari video pernyataan Jokowi lewat YouTube Sekretariat Kabinet RI, pemerintah membuat keputusan ini setelah kasus Covid-19 turun sebesar 78 persen.

Angka kesembuhan secara konsisten juga lebih tinggi dibandingkan penambahan kasus konfirmasi positif selama beberapa minggu terakhir.” ujar Jokowi.

Selain itu, walau pemerintah perpanjang PPKM, ada sejumlah penyesuaian yang bertahap seiring kondisi kasus Covid-19 yang membaik.

  • Tempat ibadah boleh buka dengan kapasitas maksimal 25 persen, atau maksimal 30 orang
  • Restoran boleh melayani makan di tempat, maksimal 25 persen kapasitas, dua orang per meja, dan jam operasional sampai pukul 20.00.
  • Pusat perbelanjaan/mal boleh buka sampai pukul 20.00, maksimal 50 persen kapasitas, dan penerapan protokol secara ketat.
  • Industri ekspor dan penunjangnya bisa beroperasi 100 persen, dengan catatan kalau jadi klaster baru, harus tutup selama lima hari.

Jakarta sudah mencapai herd immunuity?

Pemerintah Perpanjang PPKM Saat Kasus Menurun, Begini Peraturannya
via Tenor

Belum lama ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga sempat menyampaikan kabar baik. Katanya, wilayah DKI Jakarta kini sudah jadi zona hijau.

Hal ini terjadi setelah sekian lama terbelenggu sebagai zona merah alias wilayah risiko tinggi penularan Covid-19.

Riza pun mengklaim kekebalan kelompok (herd immunity) sudah terbentuk di Ibu Kota. Pasalnya, sudah banyak warga yang telah terinfeksi dan sembuh dari Covid-19.

Terlebih lagi, jumlah orang yang sudah vaksin pun terbilang besar.

Alhamdulillah Jakarta sudah masuk zona hijau dan sudah memenuhi herd immunity,” katanya hari Minggu, 22 Agustus kemarin.

Jangan kendor walau kasus mulai menurun. We’re so close to the victory!

Baca juga:

close

Pemerintah Perpanjang PPKM Saat Kasus Menurun, Begini Peraturannya

Search
close