Pemerintah Akan Berikan Vaksin Covid-19 Gratis Untuk Warga Zona Merah?

access_time 12 bulan yang lalu

Sampai saat ini, pemerintah Indonesia belum memberikan kepastian tentang kapan dan berapa harga vaksin Covid-19 yang akan diedarkan. Sampai akhirnya banyak orang yang sudah membuat petisi untuk menggratiskan vaksin.

Namun, kabarnya pemerintah menjamin akan memberikan vaksin Covid-19 kepada warga yang berada di zona merah. Apakah benar?

Pemerintah Berikan Vaksin Covid-19 Gratis?

pemerintah vaksin covid-19
via Tribunnews

Dikutip dari CNN Indonesia, juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan kalau pemerintah menjamin akan memberikan vaksin virus corona secara gratis untuk warga di zona merah. Tidak hanya itu, warga kurang mampu juga akan jadi target program vaksin gratis ini.

Pemerintah pasti akan menjamin kalau memang itu adalah masyarakat kurang mampu sesuai dengan prioritas sasaran vaksin, salah satunya masyarakat rentan yang tinggal di daerah berisiko tinggi penularan Covid-19 seperti di zona merah dan pelaku perekonomian,” kata Siti dikutip dari CNN Indonesia.

Meski sudah berjanji akan menjamin vaksin gratis, pihaknya belum memastikan berapa besar presentase warga yang bisa dikategorikan sebagai penerima vaksin gratis. Sementara vaksin dipersiapkan, pemerintah sedang menggodok aturan dan dosis penggunaan vaksin tersebut.

Jadi, sekiranya vaksin sudah siap diedarkan, aturan dan petunjuk penggunaan vaksin dari pemerintah pun juga sudah jelas dan terukur.

Apakah 1,2 Juta Vaksin Itu Cukup?

pemerintah vaksin covid-19
via Detik Health

Kabar terakhir, Indonesia telah kedatangan 1,2 juta vaksin Sinovac dari China. Tapi kalau dilihat dari sebaran zona merah, apakah vaksin yang disediakan pemerintah ini cukup?

Berdasarkan peta resiko Satgas Covid-19, sampai hari ini masih ada 47 kabupaten/kota yang tergolong zona merah. Sedangkan kabarnya penerima vaksin gratis ini sebanyak 30 persen dari total target, itu pun setiap harinya jumlah kasus bertambah terus menerus.

Semoga saja negara memperhatikan warganya yang sangat membutuhka vaksin ini.

_

Kalo gue berharapnya vaksin ini diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan terlebih dahulu. Gimana menurut Lo?

close

Pemerintah Akan Berikan Vaksin Covid-19 Gratis Untuk Warga Zona Merah?

Search
close