Pelajari #BlackLivesMatter Lewat Film-Film Ini!

Pelajari #BlackLivesMatter Lewat Film-Film Ini!
access_time 1 tahun yang lalu

Kematian George Floyd dan pergerakan aktivisme #BlackLivesMatter yang jadi sorotan dunia membuat publik makin peduli dengan isu rasisme yang mungkin terjadi di sekitar mereka.

Film pun jadi salah satu media primer untuk mempelajari hal ini, terutama buat kelompok masyarakat yang memiliki warga kulit hitam sebagai mayoritas seperti di Indonesia.

Berikut beberapa di antaranya!


The Hate U Give

Starr Carter adalah seorang gadis berkulit hitam yang berada di dunia dunia; sementara ia tinggal di lingkungan yang didominasi warga kulit hitam, ia belajar di sekolah yang didominasi warga kulit putih.

Namun kedua dunia tersebut melebut ketika sahabatnya yang berkulit hitam ditembak oleh polisi yang berkulit putih. Dengan tekanan yang muncul dari kedua dunia tersebut, Starr pun harus berdiri untuk menyuarakan keputusan yang paling benar.


If Beale Street Could Talk

Sebuah film yang berlatar Harlem, Amerika Serikat pada tahun 1970-an yang diangkat dari novel dengan judul yang sama.

Film ini menghadirkan kisah non-linear tentang kisah cinta dan kehidupan keluarga Afrika-Amerika, dari sudut pandang seorang gadis berusia 19 tahun.


Whose Streets?

Sebuah kisah nyata tentang pergerakan aktivisme #BlackLivesMatter terkait pembunuhan remaja berkulit hitam yang bersenjata bernama Michael Brown oleh seorang polisi di negara bagian Missouri, Amerika Serikat.

Insiden tersebut memicu demonstrasi besar dari warga setempat yang marah. Kini, film ini pun jadi film yang relevan dalam aktivisme kulit hitam atas kekerasan polisi.


13th

Sebuah film dokumenter garapan Netflix arahan Ava DuVernay. Film ini fokus pada keadaan penjara Amerika yang didominasi oleh warga Afrika-Amerika. Film “13th” ini pun bisa dinikmati secara gratis di YouTube.


BlackKklansmen

Diangkat dari kisah nyata seorang detektif kulit hitam bernama Ron Stallworth yang menyusup masuk ke kelompok supermasis Amerika, dengan menyamar sebagai pria berkulit putih.

Film ini berhasil menuai respon positif, bahkan meraih enam nominasi di ajang Academy Awards dan membawa pulang penghargaan Best Adapted Screenplay.

Jika lo ingin terlibat secara aktif dalam pergerakan ini, lo bisa mulai dengan mengedukasi diri dan memperluas pesan warga Papua.

Untuk info lebih lengkap cek laman ini!

close

Pelajari #BlackLivesMatter Lewat Film-Film Ini!

Search
close