Pecatur Putri Asal Indonesia Berhasil Skak Mat Grandmaster Chess Asal Belanda

access_time 2 tahun yang lalu

Pecatur putri indonesia, GMW (Grand Master Wanita) Medina Warda Aulia yang tampil di memukau di kelompok putra dan berhasil skak-mat Ivan Sokolov pada babak kedua turnamen catur International Japfa GM dan GMW di Yogyakarta.

Medina menang di langkah ke-54 dan menyisakan waktu sekitar 27 menit pada lomba JAPFA GM dan WGM Chess Tournament 2019.

Awalnya Medina sempat kesulitan pada awal permainan, ia dapat mengimbangi dan berkesempatan untuk menang.

“Di awal, aku pegang putih, saat opening kurang enak posisinya, lalu bisa imbang, dan akhirnya ada kesempatan buat menang,” ujar Medina seusai bertanding.

Medina mampu mengimbangi Ivan Sokolov, Grand Chess Master dari Belanda karena yakin dengan langkah yang ia pilih hingga ketika dilangkah ke-38 menjadi kunci kemenangannya. Dia memindahkan raja ke G3 dan H4 dan langkah tersebut membuat Medina mampu mengalahkan Ivan Sokolov.

Ivan Sokolov sempat melambat karena krisis waktu, sedangkan Medina tampak gesit dan yakin dengan langkahnya sehingga sang lawan pun merasakan tekanan dan akhirnya tumbang pada langkah ke 54.

Menurut pengamat catur, Kristianus Liem, dari awal secara teknis Medina mampu mengimbangi Sokolov. Bahkan langkah-langkah bidak pecatur putri terbaik Indonesia itu lebih mantap.

“Medina mampu mengimbangi Sokolov, bahkan terlihat lebih yakin langkahnya. Sokolov kayaknya penuh tekanan setelah kemarin dikalahkan Susanto Megaranto,” keta Kristianus yang juga Kabid Binpres Pengembangan dan Pembinaan Prestasi PB Percasi tersebut.

Kemenangan Medina atas Sokolov membuka peluang pecatur ini untuk meraih norma Master Internasional ketiga di turnamen ini, Congratulations Medina Warda Aulia for defeating Grandmaster Chess Ivan Sokolov! 

Image Source: [Dbasia]

close

Pecatur Putri Asal Indonesia Berhasil Skak Mat Grandmaster Chess Asal Belanda

Search
close