Pariwisata Dunia Diprediksi Pulih Dari Pandemi Bulan Juli 2020, Kecuali Amerika

access_time 1 tahun yang lalu

Kemunculan pandemi virus corona ini mengakibatkan berbagai macam aspek kehidupan dan negara jadi terdampak. Salah satunya industri pariwisata dunia.

Menurut Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO), selama pandemi berlangsung jumlah kunjungan wisatawan di dunia turun 60 hingga 80 persen pada tahun 2020 ini. Penerapan lockdown dan physical distancing turut menjadi faktor pendukung hal ini.

UNWTO Secretary General Election: How it works? – Worldtourism Wire
via World Tourism Wire

Tahun ini pun juga menjadi catatan krisis terburuk sejak UNWTO mencatat pada tahun 1950. Pembatasan perjalanan, ditutupnya bandara, serta lockdown turut dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran wabah tersebut.

Terhitung per Maret 2020, kunjungan wisatawan internasional saja sudah turun sebanyak 22 persen, dimana Asia dan Eropa menjadi benua dengan penurunan kunjungan wisatawan internasional terbesar dunia.

Krisi pariwisata internasional ini selalu berpengaruh langsung terhadap pembatasan perjalanan dan penutupan beberapa negara. Namun, UNWTO memprediksikan skenario terbaik dimana industri pariwisata akan perlahan kembali pulih dari pandemi pada bulan Juli 2020 mendatang.

Konferensi Pariwisata Halal Internasional, Turki Tampil Maksimal ...
via Bisnis Wisata

Hal ini dilakukan untuk mencegah krisis pariwisata internasional menyentuh angka lebih dari 75 persen. Jika aturan pembatasan perjalanan ini bisa dicabut pada September yang artinya wabah sudah mereda atau bahkan selesai pada bulan Agustus, maka diperkirakan penurunannya hanya sampai 70 persen.

Sebagai perbandingan, pada era wabah SARS, wabah ini hanya berhasil menurunkan pariwisata internasional sebesar 0,4 persen.

UNWTO optimis bahwa perjalanan untuk liburan akan pulih lebih cepat pada kuartal terakhir 2020. Ini dilihat dari semua aturan yang telah dipatuhi seperti perusahaan yang membatasi perjalanan karyawan dan pameran dagang yang telah dihentikan akibat pandemi ini.

via Giphy

Namun optimisme UNWTO tidak berlaku untuk Amerika Serikat, mengingat saat ini negara pimpinan Donald Trump tersebut menjadi negara yang memiliki kasus positif Covid-19 terbesar di dunia. Amerika Serikat diprediksi baru akan pulih pada tahun depan namun entah kapan.

Nah, semoga saja Indonesia bisa segera pulih dari wabah ini dan membuat kehidupan menjadi kembali normal. Maka dari itu penting banget buat lo tetap patuh anjuran pemerintah untuk tetap menjalankan physical distancing dan kalau perlu di rumah aja.

Kalau lo patuh, wabah cepat berlalu, dan lo bisa kembali liburan!

close

Pariwisata Dunia Diprediksi Pulih Dari Pandemi Bulan Juli 2020, Kecuali Amerika

Search
close